Lingkungan Kerja, Motivasi, dan Kinerja Karyawan UD Dupa Julungwangi Sangsit

Authors

  • Kadek Martini Devi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Gede Putu Agus Jana Susila Universitas Pendidikan Ganesha

Keywords:

kinerja karyawan, lingkungan kerja, motivasi.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh lingkungan kerja dan motivasi secara simultan terhadap kinerja karyawan, lingkungan kerja secara parsial terhadap kinerja karyawan, dan motivasi secara parsial terhadap kinerja karyawan. Subjek dari penelitian ini adalah karyawan UD Dupa Julungwangi Sangsit. Sedangkan, objek dari penelitian ini adalah lingkungan kerja, motivasi, dan kinerja karyawan. Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan UD Dupa Julungwangi Sangsit sebanyak 32 orang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan desain penelitian ini adalah penelitian kausal. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan kuesioner, selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan kerja dan motivasi secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan UD Dupa Julungwangi Sangsit, lingkungan kerja secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan UD Dupa Julungwangi Sangsit, dan motivasi secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan UD Dupa Julungwangi Sangsit.

References

Chandraningrum, Y.R., Nodin, I., & Setio, U. (2015). Pengaruh Lingkungan Kerja dan Motivasi terhadap Kinerja Karyawan Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Kapuas. Jurnal Bisnis dan Pembangunan, 3 (1), 29-34.

Ghozali, I. (2009). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Cetakan Keempat. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Griffin, R.W. (2004). Manajemen. Jakarta: Erlangga.

Imam, M.H., Djudi, M., & Yuniadi, M. (2016). Pengaruh Lingkungan Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada Karyawan PT PLN (Persero) Pelayanan dan Jaringan Area Situbondo). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 40 (2), 123-129.

Kamars, D. (2002). Administrasi Pendidikan. Padang: Universitas Putra Indonesia Press.

Malthis. (2006). Manajemen Sumber Daya Manusi. Jakarta: Salemba Empat.

Mangkunegara, A.P. (2000). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT Remaja Rosda Karya Offest.

Nitisemito, A.S. (1996). Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan Sembilan. Edisi Ketiga. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Notoatmodjo, S. (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.

Nuryasin, I., Mochammad, A.M., & Ika, R. (2016). Pengaruh Lingkungan Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi pada Karyawan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 41 (1), 16-24.

Reksohadiprodjo, S. (2000). Manajemen Produksi. Edisi keempat. BPFE. Yogyakarta.

Samsudin, S. (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Pustaka Setia.

Sunyoto, D. (2012). Teori, Kuesioner, dan Analisis Data Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing service).

Terry, G.R. (2006). Prinsip-prinsip Manajemen. Jakarta : Bumi Aksara.

Wibowo. (2012). Manajemen Kinerja. Jakarta: Rajawali Pers.

Downloads

Published

2022-05-16

Issue

Section

Articles