Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Kartu XL Axiata Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha

Authors

  • Ni Kadek Widiani Universitas Pendidikan Ganesha
  • Gede Putu Agus Jana Susila Universitas Pendidikan Ganesha

Keywords:

kepuasan pelanggan, kualitas produk, kualitas pelayanan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh dari kualitas produk dan kualitas pelayanan baik secara simultan maupun secara parsial terhadap kepuasan pelanggan kartu XL Axiata padazmahasiswa Fakultas Ekonomi UniversitaszPendidikan Ganesha. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif kausal. Penentuanzsampel dalam penelitian menggunakan teknik propotional sampling dan purposive sampling. Jumlah sampel yang dipegunakan sebanyak 130 responden. Instrumenzyang dipergunakan dalam pengumpulanzdata adalah kuesioner dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil darizpenelitian ini adalah (1) kualitas produk dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan kartu XL Axiata (2) kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan kartu XL Axiat (3) kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan kartu XL Axiata.

References

Andalusi, Ratih. (2018). “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Instrumen Pengunjung Laboratorium (Studi Kasus Pada PT. Laborindo Sarana Jakarta). Jurnal Madani. Volume 1, Nomor 2. ISSN : 2615-1995, E-ISSN : 2615-0654.

Agusty, Ferdinand. (2006). Structural Equation Model dalam Penelitian Manajemen. Semarang. UNDIP.

Cahyani, Febby Gita., & Sonang, Sitohang. (2016). “Pengaruh Kualitas Produk Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen”. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. Volume 5, Nomor3, ISSN 2461 – 0593.

Faradina, Anissa., & Budhi, Satrio. (2016). “Pengaruh Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Rumah Cantik Di Alamanda”. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. Volume 5, Nomor 7, ISSN: 2461-0593.

Ghozali, Imam. 2011. “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS”. Semarang: Universitas Diponegoro.

Hastono. (2015). “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Kartu Halo Pada Grapari Telkomsel Area Jakarta Selatan”. Jurnal Ilmiah. Vol.3, No.1.

Hardik, Khatri. (2020). “Laporan Pengalaman Jaringan Seluler July 2020”. Tersedia pada:https://www.opensignal.com/in/reports/2020/07/indonesia/mobile-network-experience. (diakses pada 02 november 2020)

Haromain, Imam., & Heru, Suprihhadi. (2016). “Pengaruh Kualitas Layanan, Harga dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Di AHASS Z618”. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. Volume 5, Nomor 5, ISSN : 2461-0593.

Ismu, Ramadhan. (2017). “Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Pabrik Tahu Djamin Berdikari Kabupaten Simalungun”. Jurnal Maker. Volume, 3 Nomor 2, ISSN : 2502-4434.

Kotler, P., & G. Armstrong, (2008). Prinsip – Prinsip Pemasaran. Edisi 12. Erlangga. Jakarta.

Kotler, Philip,. & K.K. Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Erlangga, Jakarta.

Kotler, Philip,. & Kevin Lane Keller. (2009). Manajemen Pemasaran Jilid 1. Edisi Ketiga Belas. Terjemahan Bob Sabran. MM. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Manus, W Fanly., & Bode, Lumanauw. (2015). “Kualitas Produk, Harga, Dan Kualitas Layanan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Pelanggan Kartu Prabayar Tri Di Kelurahan Wawalintouan Tondano Barat. Jurnal EMBA. Volume, 3 Nomor 2, ISSN 2303-1174.

Montung, Pamela., Jantje, Sepang., & Decky, Adare. (2015). “Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Restoran Kawan Baru”. Jurnal Berkala Ilmiah Efesiensi. Volume 15, Nomor 05.

Noviyanti, Iis. (2018). “Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada CV Usaha Mandiri Jakarta Selatan”. Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma. Volume 1, Nomor 2, ISSN (print) : 2598-9545 & ISSN (online) : 2599-171X.

Saleleng, Nia C.M., Christoffel, Kojo., & Merlyn, Karantu. (2014). “Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Pelanggan Kartu Prabayar Telkomsel”. Jurnal EMBA. Volume 2, Nomor 3, ISSN 2303-1174.

Sugiyono. (2010). Metodologi Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Syahyuni., & Desti, Natasya Wilani. (2016). “Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT. Laris Manis Utama Palembang”. Jurnal Ilmiah STIE MDP. Volume 6, Nomor 1.

Tjiptono, Fandy. 2008. Service Management Mewujudkan Layanan Prima Edisi 2. Andi Offset. Yogyakarta.

Titisari, Ayu. (2017). “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan PT.Pos Indonesia (PERSERO) Kediri”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran. Universitas Negeri Yogyakarta.

Tresiya, Dhita., Djunaidi., & Subagyo, Heri. (2018). “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kenyamanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Perusahaan Jasa Ojek Online Go-Jek Di Kediri. JIMEK. Volume 1 Nomor 2, E-ISSN : 2621-2374.

Downloads

Published

2022-05-16

Issue

Section

Articles