Kompetensi, Lingkungan Kerja dan Produktivitas Kerja Petani Sayur di Daerah Tegallalang

Authors

  • Ni Putu Suwandewi
  • Komang Krisna Heryanda Universitas Pendidikan Ganesha

Keywords:

kompetensi, lingkungan kerja, produktivitas kerja

Abstract

Penelitian ini bertujuan guna menguji pengaruh (1) kompetensi dan lingkungan kerja terhadap produktivitas kerja.(2) kompetensi terhadap pproduktivitas kerja (3) lingkungan kerja terhadap produktivitas kerja. Subjek dari penelitian ini adalah petani sayur yang ada di daerah Tegallalang. Sedangkan objek dari penelitian ini adalah kompetensi, lingkungan kerja dan produktivitas kerja. Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah seluruh petani sayur yang ada di daerah Tegallalang yang berjumlah 58 orang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif kausal. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan wawancara dan menggunakan kuesioner, yang selanjutnya data dianalisis menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kompetensi dan lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas kerja petani sayur di daerah Tegallalang (2) kompetensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas kerja petani sayur di daerah Tegallalang (3) lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas kerja petani sayur di daerah Tegallalang.

References

Ahyari, Agus. (2012). Manajemen Produksi Perencanaan Sistem Produksi. Yogyakarta: BPFE.

Arep, Ishak dan Hendry. (2003). Manajemen Motivasi. Jakarta: PT Gramedia Widyasarana Indonesia.

Charles, Fredinata. dkk. (2018). “Penentuan Komoditas Unggulan Sektor Pertanian di Kabupaten Landak”. Jurnal Agribisnis.

Hasibuan, Malayu S.P. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Cetakan keenam. Jakarta: Bumi Aksara.

Mc Clelland, David C. (2009). Entrepreneur Behavior and Characteristics of Entrepreneurs. The Achieving Society.

Muchdarsyah, Sinungan. (2009). Produktivitas Apa Dan Bagaimana. Jakarta.Penerbit: Bumi Aksara.

Mulyadi, Hari. (2010). “Pengaruh Motivasi dan Kompetensi Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Kerja Pada PT. Galamedia Bandung Perkasa”. MANAJERIAL, Volume 9, Nomor 17.

Nofriyanti, Eka. (2019). Pengaruh Kompetensi Pegawai, Budaya Organisasi, Disiplin Pegawai, dan Kepuasan Kerja Terhadap Produktivitas Pegawai di Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Semarang. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Pardede, Anthonius Yonathan. (2020). “Pengaruh Kompetensi Pegawai, Komunikasi, Lingkungan Kerja dan Lingkungan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Pegawai di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Medan Polonia”. Jurnal Ekonomi Keuangan dan Kebijakan Publik, Volume 2, Nomor 1.

Pristiningsih, S. (2015). “Pengaruh Kompetensi dan Kepemimpinan Terhadap Kinerja kerja dengan Motivasi Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, 15(2), pp. 72-79.

Purnami, Ita dan I Wayan Mudiartha. (2019). “Pengaruh Pemberdayaan, Motivasi dan Lingkungan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja”. e-Jurnal Manajemen, Volume 8, Nomor 9.

Sastrohadiwiryo, B.S. (2005). Manajemen Tenaga Kerja Indonesia Pendekatan Administratif dan Operasional. PT. Bumi Askara. Jakarta.

Senata, I Wayan. dkk. (2014). “Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja UD. Kembang Sari Kabupaten Badung Tahun 2012”. e-Journal.undiksha.ac.id, Volume 4, Nomor 1.

Simanjuntak, J Payaman. (2005). Pengantar Ekonomi Sumber Daya Manusia. Jakarta: Penerbit FE UI.

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Afabeta.

Tumiwa, Axchel. dkk. (2017). “Pengaruh Teknologi Informasi, Lingkungan Kerja dan Kompetensi Terhadap Produktivitas Kerja”. Jurnal EMBA, Volume 5, Nomor 3, Hal 3895-3904.

Wibowo. (2007). Manajemen Kinerja. Edisi Kedua. Penerbit PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Downloads

Published

2022-05-16

Issue

Section

Articles