Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan di Toko Grosir Tirta Yasa Kecamatan Banjar

Authors

  • Ni Luh Putu Dea Alvionita Sari Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Made Dwi Ariani Mayasari Universitas Pendidikan Ganesha

Keywords:

harga, kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan

Abstract

 

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh : (1) harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan, (2) harga terhadap kepuasan pelanggan, (3) kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan, dan (4) harga terhadap kualitas pelayanan.di Toko Grosir Tirta Yasa Kecamatan Banjar. Desain penelitian  yang digunakan dalam penelitian ini adalah  kuantitatif kausal. Subjek penelitian ini adalah pelanggan Toko Grosir Tirta Yasa dan objek penelitian ini adalah harga, kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 80 responden. Data yang dikumpulkan dengan kuesioner dan dengan menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) harga dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, (2) harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, (3) kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap  kepuasan pelanggan, dan (4) harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan di Toko Grosir Tirta Yasa.

References

Agung, A. F. (2018). Analisis Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Komparatif Pada Konsumen Indomaret dan Swalayan Surya Jalur 2 Korpri). Skripsi. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Agustine, D. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT. Multilindo Utama Batam. Jurnal Equilibiria. Volume. 3 No. 2.

Ali, H. (2013). Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Yogyakarta: CAPS (Center For Academic Publishing Service)

Alma, B. (2014). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: CV Alfabeta

Amir, M. T. (2012). Manjemen Strategik Konsep dan Aplikasi. Jakarta: Rajawali

Avianty, V. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Keragaman Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Cafe Stove Syndicale Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis. Vol. 8 No. 2.

Danang, S. (2012). Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran. Cetakan Pertama. Yogyakarta: CAPS.

Fadilah, Z. (2015). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Toko Online Lazada (Studi kasus pada pelanggan Lazada di Perkantoran The Plaza Office Tower Jakarta). Skripsi. Universitas Darma Persada.

Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen. Edisi 5. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa: Prinsip, Penerapan, Penelitian. Yogyakarta: Andi.

Indra. F. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Lokasi terhadap Kepuasan Pelanggan pada Warung Gubrak Kepri Mall Kota Batam. Jurnal Elektronik REKAMAN (Riset Ekonomi Bidang Manajemen dan Akuntansi). Vol. 1 No. 1.

Lovelock, Cristopher, Jochen, Wirtz, & Jacky, Mussry (2010). Pemasaran Jasa –Perspektif Indonesia. Jilid 1. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Malau, H. (2017). Manajemen Pemasaran (Teori dan Aplikasi Pemasaran Era Tradisional Sampai Era Modernisasi Global). Bandung: Alfabeta.

Maulana, M. I. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis. Vol. 5, No. 1.

Mohsan, F., Nawaz, MM, Khan, MS, Shaukat, Z., & Aslam, N. (2011). Dampak Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dan Niat Untuk Beralih: Bukti Dari Sektor Perbankan Pakistan. Jurnal Internasional Bisnis dan Ilmu Sosial, 2 (16).

Rahmawati, H. I. (2013). Pengaruh Mekanisme Good Corporate Governance (GCG) Terhadap Manajemen Laba Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2009-2011. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Ratminto dan Winarsih. A. S. (2012). Manajemen Pelayanan: Pengembangan Modul Konseptual, Penerapan Citizen Charter dan Standar Pelayanan Minimal, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sukmawati, R. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Garden Cafe Koperasi Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta. Skripsi. Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

Suyitna. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan Cv Langgeng Jaya. Skripsi. Universitas Kristen Petra Surabaya.

Yoeti, O. A. (2012). Perencanaan Strategi Pemasaran Daerah Tujuan Wisata. Jakarta: PT Pradnya Paramita.

Downloads

Published

2022-05-16

Issue

Section

Articles