Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Minuman dalam Kemasan Teh Botol Sosro pada Mahasiswa di Fakultas Ekonomi

Authors

  • Putu Ari Astiti Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Luh Wayan Sayang Telagawathi Universitas Pendidikan Ganesha

Keywords:

produk, harga, citra merk

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian minuman dalam kemasan Teh Botol Sosro pada  Mahasiswa Fakultas Ekonomi faktor yang paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian minuman dalam kemasan Teh Botol Sosro. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dianalisis dengan analisis faktor. Adapun kriteria responden Mahasiswa aktif Fakultas Ekonomi pernah melakukan pembelian minuman dalam kemasan Teh Botol Sosro. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian minuman dalam kemasan Teh Botol Sosro adalah faktor keunggulan, faktor nilai lebih, faktor pendukung faktor yang dominan mempengaruhi keputusan pembelian minuman dalam kemasan Teh Botol Sosro adalah faktor keunggulan produk, harga, citra merk, saluran layanan, pembelajaran, situasi ekonomi, kualitas, keluarga.

References

Agustini, Ni Kadek Devi Aprilia. (2017).”Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Di Online Shop Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Angkatan Tahun 2012”. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, Volume 9, No.1 (hlm 127-135).

Heliawan, Yuge Agung, Ashari Mursito Wisnu. (2018). “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen dalam Keputusan Pembelian Mobil Toyota Avanza Di Kecamatan Kartasura, Sukoharjo.Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AAS Surakarta, Indonesia”. Jurnal Akuntansi dan Pajak, 18(02),174-180.

Maharsi,Sri,Fenny. (2006). Analisa Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepercayaan dan Pengaruh Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pengguna Internet Banking di Surabaya. Jurnal akuntansi dan keuangan, Vol.8.

Panwar, Diksha, Swati Anand, dkk. (2019). ”Consumer Desicion Making Prosess Models and Their Applications to Market Strategy”. International Management Review, Volume 15, No 1 (hlm 36-44).

Putra, Giardo Permadi, Zainul Arifin, dkk. (2017). ”Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dan Dampaknya Terhadap Kepuasan Konsumen (Survei pada Mahasiswa Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi Angkatan 2013 dan 2014 Universitas Brawijaya yang Melakukan Pembelian Paket Data Kampus”. Jurnal Adminitrasi Bisnis, Volume 48, No 1 (hlm 124-131).

Rahma, Aulia. (2017). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian pada supermarket bilka di Surabaya.Artikel ilmiah. Sekolah Tinggi Imu Ekonomi Perbanas.

Rinandiyana, Lucky Radi, Ane Kurniawati, dkk. (2017). ”Keputusan Pembelian Oleh Generasi Milenial Pada Industri Kuliner Di Kota Tasikmalaya”. Jurnal Ekonomi Manajemen, Volume 3, No.1 (hlm.18-27).

Saodah, Dedeh Siti, Rosda Malia. (2017). ”Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen dalam Pembelian Sayuran di Pasar Tradisional (Studi Kasus Pasar Muka Cianjur)”. Journal Agroscience. Volume 7, No.1 (hlm 178-193).

Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Sunarto. (2018). “Analisis Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Xiaomi Redmi 3S.Prodi Akuntansi Universitas Gunadarma” Jurnal Moneter Vol. V No. 1.

Verina, Eunike, Dkk. (2014). “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Pada Toko Fashion Di Jejering Sosial Facebook”. Jurnal Administrasi Bisnis, Vol.10, Nomor 1.

Wangean, Ryanto Hariandy, Silvya L. Mandey. (2014). ”Analisis Citra Merek, Kualitas Produk dan Harga Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Mobil ALL New Kia Rio Di Kota Manado”. Jurnal EMBA, Volume 2, No 3 (hlm 1715-1725).

Wibowo, Dimas Hendika, Zainul Arifin. Sunarti. (2015). “Analisis strategi pemasaran untuk meningkatkan daya saing. (Studi pada Batik Diajeng Solo)”. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 29 No.1.

Downloads

Published

2022-08-31

Issue

Section

Articles