Pengaruh Likuiditas, Aktivitas, dan Solvabilitas terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Sub Sektor Tektil dan Garmen

Authors

  • Putu Dian Darmayanti Universitas Pendidikan Ganesha
  • Gede Putu Agus Jana Susila Universitas Pendidikan Ganesha

Keywords:

likuiditas, aktivitas, solvabilitas, profitabilitas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh likuiditas, aktivitas, dan solvabilitas terhadap profitabilitas, baik secara simultan maupun parsial. Rancangan penelitian ini adalah menggunakan penelitian kuantitatif kausal. Subjek penelitian ini adalah perusahaan sub sektor tekstil dan garmen yang terdaftar di Bursa Efek  Indonesia serta objek penelitiannya  yaitu likuiditas, aktivitas, dan solvabilitas serta profitabilitas. Populasi penelitian yaitu perusahaan sub sektor tekstil dan garmen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia sebanyak 16 perusahaan. Data dikumpulkan dengan pencatatan dokumen, dan dianalisis dengan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) likuiditas, aktivitas, dan solvabilitas berpengaruh secara simultan terhadap profitabilitas, (2) likuiditas berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas, (3) aktivitas berpengaruh positif dan signifikan, (4) solvabilittas berpengaruh positif dan signifikan.

References

Brigham, Eugene F dan Joel F Houston. 2012. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Jakarta: Selemba Empat.

Djakia, siti nur dan zainul kisman. 2019. “Pengaruh tingkat likuiditas, solvabilitas, dan aktivitas terhadap profitabilitas Pada perusahaan farmasi yang terdaftar di bursa efek indonesia periode 2014 s.d 2018”. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. Vol. 07, No. 04.

Fahmi, Irham. 2011. Analisis Laporan Keuangan. Bandung: Alfabeta.

Kasmir. 2012. Kewirausahaan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Prasetiyo, Rachmad Ardi. 2018. “Pengaruh Rasio Aktivitas, Likuiditas, dan Solvabilitas Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Pakan Ternak”. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. Vol. 7, No. 8, E-ISSN: 2461-0593.

Sulistiani, Linda. 2020. “Pengaruh Rasio Likuiditas, Solvabilitas dan Aktivitas Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Property and Real Estate”. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. Vol. 9, No. 8, E-ISSN: 2461-0593.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&G. Bandung: Alfabeta.

Wardani, Endang Widowati Kusuma. 2019. “Pengaruh Efisiensi Modal Kerja, Likuiditas, dan Solvabilitas Terhadap Profitabilitas (Studi Empiris Pada Perusahaa Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di BEI Periode 2015-2018). (Skripsi Program Studi Manajemen, FEB, UMM).

Downloads

Published

2022-08-31

Issue

Section

Articles