Pengaruh Kepercayaan dan Iklan terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Bukalapak di Banyuwangi

Authors

  • Ficky Amalia Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Nyoman Yulianthini Universitas Pendidikan Ganesha

Keywords:

iklan, kepercayaan, keputusan pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kepercayaan dan iklan terhadap keputusan pembelian pada marketplace Bukalapak di Banyuwangi. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif kausal. Subjek penelitian ini adalah penguna marketplace bukalapak di Banyuwangi yang berjumlah 120 orang. Sampel penelitian diambil pada 25 kecamatan di kabupaten banyuwangi yang kuotanya sesuai dengan ukuran sampel. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah kuesioner online melalui google form dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini adalah: Kepercayaan dan iklan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada marketplace Bukalapak; Kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada marketplace Bukalapak; Iklan berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada marketplace Bukalapak di Banyuwangi.

References

Ananda, S. (2019). Pengaruh Viral Marketing dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Keputusan Pembelian Online Shop Berbasis Aplikasi pada Mahasiswa/I Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara.

Ayuningtiyas, K. (2018). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Daring Di Aplikasi Bukalapak Pada Mahasiswa Politeknik Negeri Batam. Journal of Applied Business Administration, 2(1), 152-165.

Dewi, A. M. (2018). Pengaruh Iklan Online Melalui Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Bagi Peningkatan Penjualan Produk Kuliner Lokal. Jurnal Ekonomi Universitas Kadika, 3(1).

Djumena, E. (2020, November 5). Indonesia Resmi Resesi, Ekonomi Kuartal III-2020 Minus 3,49 Persen . KOMPAS.com.

https://money.kompas.com/read/2020/11/05/111828826/indonesia-resmi-resesi-ekonomi-kuartal-iii-2020-minus-349-persen?page=all.

Isyanahapsari, S., & Nurseto, S. (2018). Pengaruh Periklanan dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Secara Online pada Situs Belanja Online (Studi Kasus pada Pengguna E-commerce Elevenia Di Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 7(1), 117-129.

Kemp, S. (2021, February 4). Digital 2020: Indonesia - DataReportal – Global Digital Insights. DataReportal. https://datareportal.com/reports/digital-2020-indonesia.

Khusnaeni, N. L., Yulianto, E., & Sunarti, S. (2017). Pengaruh iklan terhadap sikap konsumen serta dampaknya pada keputusan pembelian (survei pada mahasiswa s1 universitas brawijaya malang pengguna kartu seluler telkomsel 4G LTE yang pernah melihat iklan telkomsel 4G LTE versi “nixia gamer”). Jurnal Administrasi Bisnis, 47(2), 49-56.

Martínez, P., & Del Bosque, I. R. (2013). CSR and customer loyalty: The roles of trust, customer identification with the company and satisfaction. International Journal of Hospitality Management, 35, 89-99.

Pasaribu, L. N., & Purba, K. (2020). The influence of trust on the online purchase decisions with buying interest on the social networking site Instagram: case study of online shop users on Instagram. Research, Society and Development. https://doi.org/10.33448/rsd-v9i10.9119.

Puspita, R. C., & Suryoko, S. (2017). Pengaruh Iklan, Harga, Dan Kepercayaan Merek Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Revlon (Studi Pada Mahasiswa S1 Universitas Diponegoro). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 6(3), 418-425.

Rizam, M. I. (2017). Pengaruh Kepercayaan dan Iklan terhadap Keputusan Pembelian Produk Online di Lazada pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Medan Area.

Safitri, Y. (2020). Pengaruh Viral Marketing dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian pada Bejos Milk Cafe di Kota Metro (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Metro).

Wahyuni, S., & Pardamean, J. (2016). Pengaruh Iklan, Harga Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Simpati Di Institute Perbanas. Jurnal studi manajemen dan bisnis, 3(1), 13-30.

Downloads

Published

2022-08-31

Issue

Section

Articles