Pengaruh Ekuitas Merek dan Desain Produk terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota di PT. Agung Automall Cabang Jembrana

Authors

  • Ida Bagus Gde Ari Pradnya Wibawa Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Luh Wayan Sayang Telagawathi Universitas Pendidikan Ganesha

Keywords:

desain produk, ekuitas merek, dan keputusan pembelian.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh dari ekuitas merek dan desain produk baik secara simultan maupun parsial terhadap keputusan pembelian mobil Toyota di PT. Agung Automall Cabang Jembrana. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif kausal. Penentuan sampel dalam penelitian menggunakan teknik non-probability sampling dan purposive sampling. Jumlah sampel yang digunakan adalah 100 responden. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah kuesioner dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Ekuitas merek dan desain produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian mobil Toyota di PT. Agung Automall Cabang Jembrana. (2) Ekuitas merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian mobil Toyota di PT. Agung Automall Cabang Jembrana. (3) Desain produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian mobil Toyota di PT. Agung Automall Cabang Jembrana.

 

 

References

A. B. Susanto dan Himawan, Wijanarko. (2004), Power Branding – Membangun Merek Unggul dan Organisasi Pendukungnya, Jakarta: Mizan Publika.

Afandi, Miftahudin. (2017). “Pengaruh Desain Produk, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Dealer Surya Sakti Motor Kediri” Artikel Skripsi Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Agung Toyota. Agungtoyota.co.id. (2014). https://www.agungtoyota.co.id/about-us/milestone

Agus W., Soehadi. (2005). Effective Branding. Bandung: PT. Mizan Pustaka.

Ali, Intan, Sukma Irdiana, dan Jesi Irwanto. (2019). Dampak Brand Image, Brand Equity dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Laptop Asus (Studi pada Toko Komputer Lumajang Computer di Kabupaten Lumajang)

Alzamendy , Mohamad. (2011). Skripsi “Analisis Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Suzuki Swift” (Studi Kasus Pada Konsumen Suzuki Swift Di Semarang) Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang

Andi Prastowo. (2011). Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Anita, Desi dan Siti Hamidah. (2013). “Analisis Persepsi Citra Merek, Desain, Fitur Dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Produk Handphone Samsung Berbasis Android (Studi Kasus Stie Pelita Indonesia)” Program Studi S1 Manajemen, STIE Pelita Indonesia. Jurnal Ekonomi Volume 21, Nomor 4 Desember 2013.

Ansor, Kholil Dan H.A.Nazaruddin. (2013). “Analisa Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pelanggan Membeli Kartu As Telkomsel Di Palembang” Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol.11 No.21.

Ari Setyaningrum. (2015). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Yogyakarta: CV. AndiOffset.

Ariella, Irfan Rizqullah. (2018). “Pengaruh Kualitas Produk, Harga Produk Dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Mazelnid” Jurusan Manajemen, Fakultas Manajemen Bisnis, Universitas Ciputra. Performa: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis Volume 3, Nomor 2, Juni 2018

Astuti, S., W. dan Cahyadi, I., G. (2007). Pengaruh Elemen Ekuitas Merek terhadap Rasa Percaya Diri Pelanggan di Surabaya Atas Keputusan Pembelian Kartu Perdana IM3.Majalah Ekonomi No. 2.

Doni Wahyudi. Toyota Jadi Mobil Paling Laris di Dunia Tahun 2020. detikoto. (2021). Accessed February 15, 2021. https://oto.detik.com/mobil/d-5352959/toyota-jadi-mobil-paling-laris-di-dunia-tahun-2020

Ghozali, Imam. (2011). “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS”. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Industri Otomotif di Indonesia dan Dunia: Sebuah Tinjauan dan Peluang | Universitas Teknik Otomotif Jakarta Terbaik. Universitas Teknik Otomotif Jakarta Terbaik. (2016). Accessed February 19, 2021. https://base.binus.ac.id/automotive-robotics-engineering/2016/12/27/industri-otomotif-di-indonesia-dan-dunia-sebuah-tinjauan-dan-peluang/

Kennedy, John. E; R Dermawan Soemanagara. (2006). Marketing Communication – Taktik dan Strategi. Jakarta. PT Buana Ilmu Populer (kelompok Gramedia)

Kotler P. & Kevin Lane Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Jilid 1 Edisi ke 13 Jakarta: Erlangga.

Kotler, Amstrong. (2001). Prinsip-prinsip pemasaran, Edisi keduabelas, Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip. (2007). Manajemen Pemasaran. Edisi 12, PT Indeks., New Jersey.

Lukman , Marco Dirgahadi. (2014). “Analisis Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian dan Kepuasan Konsumen Produk Teh Botol Sosro Kemasan Kotak” Jurnal Administrasi Bisnis, Vol.10, No.1: hal. 64–81, (ISSN:0216–1249) Center for Business Studies. FISIP - Unpar.

Mei Alfionita, Cindy Dan Suharyono , dkk. (2016). Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Pembeli Oppo Smartphone di Counter Handphone MATOS) Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 36 No.1.

Nasution, Atika Aini. (2020). “Pengaruh Persepsi Harga, Desain Produk, Dan Preferensi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Mitsubishi Xpander (Studi Kasus Pt. Nusantara Berlian Motor Medan)” Universitas Battuta. Jurnal Ilmiah Simantek ISSN. 2550-0414 Vol. 4 No. 3 Agustus 2020.

Pradipta, Dicho Dan Kadarisma Hidayat. (2016). “Pengaruh Brand Equity Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Perdana Simpati Tekomsel”. Volume 34, Nomber 1 (hal 139-147).

Putri, Vania Dwi Alfiana dan I Gusti Agung Ketut Gede Suasana. (2018). “Pengaruh Elemen Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Di Gerai Starbucks Coffee” (Studi Pada Konsumen Domestik Starbucks Coffee di Wilayah Bali)” E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 7, No. 1, 2018: 470-496 ISSN : 2302-8912 DOI: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2018.v7.i01.p18 470

Rosim. (2013). “Pengaruh Kualitas Produk, Citra Produk, Citra Perusahaan, Promosi Dan Desain Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha (Studi Kasus Pada Produk Motor Yamaha Mio Soul Pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta)”. Jurnal Penelitian Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Saraswati, Made Laksmi, dkk. (2015) “Pengaruh Desain Produk, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kampung Batik Wiradesa, Kabupaten Pekalongan” Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, Jurusan Administrasi Bisnis, Universitas Diponegoro.

Schiffman, Leon, & Kanuk, Leslie Lazar. (2007). Consumer Behaviour 7 th. Edition. (Perilaku Konsumen). Jakarta: PT. Indeks.

Setiadi, N.J. (2003). Perilaku Konsumen : Konsep dan Implikasi Untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta : Kencana.

Simamora, Cory A. (2018). “Pengaruh Desain Produk, Persepsi Konsumen dan Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone OPPO (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas HKBP Nommensen Medan).

Soewito , Yudhi. (2013). “Kualitas Produk, Merek Dan Desain Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Mio”, Jurnal EMBA Vol.1 No.3 Hal. 218-229.

Sudjatmiko, Suryo. (2020). OtoDriver. Oto Driver. https://otodriver.com/berita/2020/rintisan-sejarah-perakitan-toyota-di-indonesia-rincadaesia

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitaif Kualitatif & RND. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2014). Metodologi Penelitian Bisnis. Edisi X. Bandung: CV Alfabeta.

Suharyani , Komang. (2015). Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Minuman Teh Botol Sosro Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Undiksha 2015. Jurnal Jurusan Pendidikan Ekonomi (JJPE) Volume: 5 Nomor: 1

Tjiptono, Fandy. (2012). Pemasaran Jasa. Jogjakarta: Penerbit Andi

Wiastuti, Rachel Dyah Dan Sarrah Kimberlee. (2018). Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian di Simetri Coffee Roaster Puri, Jakarta. Jurnal Pariwisata, Vol. 5 No. 2

Wicaksono, Satria Adhi. (2015). Skripsi “Pengaruh Merek Dan Desain Terhadap Minat Beli Konsumen” Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.

Yusuf, Muhammad Reza. (2018). Skripsi “Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian” (Studi Kasus: Gudeg “Yu Djum” Di Yogyakarta) Universitas Islam Indonesia Fakultas Ekonomi Yogyakarta.

Downloads

Published

2023-01-02

Issue

Section

Articles