Pengaruh Kualitas Produk dan Kepuasan Pelanggan terhadap Niat Membeli Kembali Air Kemasan Merek Yeh Buleleng di Kota Singaraja

Authors

  • Cris Satrya Pratama Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Nyoman Yulianthini Universitas Pendidikan Ganesha

Keywords:

Kepuasan pelanggan, kualitas produk, niat membeli kembali

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas produk dan kepuasan pelanggan baik secara simultan maupun parsial terhadap niat membeli kembali air kemasan merek Yeh Buleleng di Kota Singaraja. Desain penelitian ini adalah kuantitatif kausal dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden yang di tentukan dengan teknik purposive sampling. Data diperoleh dengan carapencatatan dokumen dan penyebaran kuesioner.Teknik analisis data menggunakan Analisis Regresi Linier Berganda. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kualitas produk dan kepuasan pelanggan berpengaruh signifikan terhadap keputusan niat membeli kembali. (2) kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat membeli kembali. (3) kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat membeli kembali air kemasan merek Yeh Buleleng di Kota Singaraja.

References

Aryadhe dan Made Rastini. (2016).” Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Niat Beli Ulang di PT Agung Toyota Denpasar”. EJurnal Manajemen Universitas Udayana 5 (9).

Asgharian, Mojtaba Salehi ,dkk. (2012).” Green Product Quality, Green Customer Satisfaction, and Green Costomer Loyalty”. International Journal Of Research in Management & Techonology 2(5), 2249-9563.

Bahar dan Herman Sjahruddin. (2017).” Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen dan Minat Beli Ulang”. INARxiv, 2017.

Dharmayana dan Bayu Rahanatha. (2017).” Pengaruh Brand Equity, Brand Trust, Brand Preference, dan Kepuasan Konsumen Terhadap Niat Membeli Kembali”. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana 6 (4), 2017.

Dharmayana dan Gede bayu Rahanatha. (2017). Pengaruh Brand Equity, Brand Trust, Brand Preference, dan Kepuasan Konsumen Terhadap Niat Membeli Kemabali. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana 6 (4), 2017.

Ester Arde. (2017). “Pengaruh Kepuasan Pelanggan Terhadap Keputusan Pembelian yang Dimediasi oleh Word Of Mouth”. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

Hanjani Putri. (2016).” Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Pembelian Ulang Konsumen Terhadap Produk Naget Delicy”. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis 1 (2), 162- 170, 2016.

Haryoko, U.B., Delimah, dkk. (2020). “Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen pada Firman Dekorasi (Wedding Organizer). POINT.http://doi.org/10.46918/point.v2i1.566.

Iqbal dan Walayu Insan. (2019).” How Product Quality,Brand Image,and Customer Satisfaction Affect Purchase Descisions of Indonesia Automotive Customers”.International Journal of Service,Economics and Management 10 (2), 177-

, 2019.

Jahanshahi, Mohammad Ali, Khaled Nawaser, dkk. (2011).” Study the Effects of Customer Service and Product Quality on Customer Satisfaction and Loyalty”. International Journal of Humanities and Social Science 1 (7), 253-260, 2011.

Kotler, Philip dan Amstrong Gray, (2014), Principles of Marketing, 12th Edition, Jilid 1 Terjemahan Bob Sabran Jakarta : Erlangga.

Kotler, Philip. (2005). Manajemen Pemasaran. Jilid 1 dan 2. Jakarta : PT Indeks Kelompok Gramedia.

Kurniawan, Aditya. (2016). “Pengaruh kualitas Produk Harga dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha”. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Puspasari Anita. (2015).” Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Word of Mout Melalui Kepuasan Pelanggan”. Jurnal Ilmu Manajemen (JIM) 2 (4), 2015.

Putra, Arifin Zainul, dkk. (2017).” Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian dan Dampaknya Terhadap Kepuasan Konsumen (Survei Pada Mahasiswa Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi Angkatan 2013 dan 2014 Universitas Brawijaya)”. Jurnal Administrasi Bisnis 48 (1), 124-131, 2017.

Putra, Sriayu. (2020).”Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Kepuasan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pada Thrift Store di Instagram”.E-Jurnal Enterpreneur dan Bisnis Universitas Raden Intan Lampung 2020.

Rhamadhan dan Suryono Budi Santoso. (2017). ”Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Ulang pada Sepatu Nike Running Di Semarang Melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening”. Diponegoro Journal of Management 6 (1), 59-70, 2017.

Saidani Basrah. (2012). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen dan Minat Beli Pada Ranch Market. JRMSI-Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia 3,(1), 1-22, 2012.

Saidani dan Samsul Arifin. (2012).” Pengaruh Kualitas Produk Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen dan Minat Beli pada Ranch Market”. JRMSI-Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia 3 (1), 1-22, 2012. Savitri dan Made Wardana. 2018 .” Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan dan Niat Beli Ulang”. E-Jurnal Manajemen 7 (10), 5748-5782, 2018.

Sembiring Janita. (2014) .” Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan”. Jurnal Administrasi Bisnis 15 (1), 2014.

Sugiyono. (2010). Metodologi Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Suharyono, Kusmuwati, dan Inka Janita Sembiring. (2014). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan (Studi pada Pelanggan McDonald’s MT.Haryono Malang). Jurnal Administrasi Bisnis 15 (1), 2014.

Wedarini Sinta. (2013).” Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Telkom Flexi”. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana 2 (5), 2013.

Wedarinin, Shinta Ni Made. (2013). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Telkom Flexi.E-Jurnal Manajemen Universitas udayana 2013.

Wenda Priskyla, dkk. (2017).”Pengaruh Kualitas Produk,Harga dan Word Of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Pada Rumah Kopi dan Mie Toronata di Kawangkoan.” Universitas Sam Ratulangi Manado, Volume,5, Nomor 2.

Downloads

Published

2022-08-31

Issue

Section

Articles