Pengaruh Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Pengguna Shopee

Authors

  • Revika Nur Febrianty Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Anggi Pasca Arnu Universitas Singaperbangsa Karawang

Keywords:

Kepuasan konsumen, Loyalitas Pengguna, Marketplace

Abstract

Seiring dengan perkembangan zaman, berkembang pula teknologi dalam dunia pemasaran seperti hadirnya marketplace. Di Indonesia sendiri terdapat berbagai macam marketplace, salah satunya adalah Shopee. Berdasarkan data yang dihimpun oleh iPrice pada kuartal II tahun 2021 diketahui bahwa di Indonesia, Shopee menempati urutan kedua sebagai marketplace yang paling banyak dikunjungi dan berada pada posisi pertama dalam ranking Appstore dan Playstore. Adapun tujuan dilakukannya penelitian ini adalah guna mengetahui apakah kepuasan konsumen berpengaruh terhadap loyalitas pengguna Shopee sehingga menjadikannya sebagai salah satu marketplace yang paling banyak dikunjungi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan 120 dan purposive sampling sebagai teknik samplingnya. Penelitian ini memberikan hasil bahwa kepuasan konsumen berpengaruh terhadap loyalitas pengguna Shopee. Sehingga dapat disimpulkan: (1) Kepuasan konsumen berpengaruh secara positif terhadap loyalitas pengguna Shopee, dan (2) Kepuasan konsumen berpengaruh sebesar 34,9% terhadap loyalitas pengguna Shopee.

References

Apriyani, D. A., & Sunarti. (2017). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (survei pada Konsumen The Little A Coffee Shop Sidoarjo). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 51(2), 1–7.

Aregawi, T. (2018). Factors Affecting Customer Loyalty : ( Experience from Dashen Bank Adigrat area Branch ). Index Copernicus Value, ISSN: 2319-7064, 7(9), 101–105. https://doi.org/10.21275/ART2019892

Disastra, G. M., & Wulandari, A. (2017). Analisis Pengaruh Penerapan E-Commerce dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi pada Pengguna mataharimall.com di Bandung Tahun 2016). 18(2), 22280. http://dx.doi.org/10.1016/j.jplph.2009.07.006%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.neps.2015.06.001%0Ahttps://www.abebooks.com/Trease-Evans-Pharmacognosy-13th-Edition-William/14174467122/bd

Haris, D. (2018). Kualitas Dan Desain Produk Dalam Meningkatkan Kepuasan Dan Loyalitas Konsumen (Studi Kasus Baju Dagadu Yogyakarta). Upajiwa Dewantara, 2(2), 125–139. https://doi.org/10.26460/mmud.v2i2.3265

SA, M., & Natsir, K. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen Apartemen Mediterania Garden Residence Di Jakarta Barat. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 2(2), 275. https://doi.org/10.24912/jmieb.v2i2.898

Setyowati, E., & Wiyadi. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Pemediasi. Jurnal Manajemen Dayasaing, 18(2), 102. https://doi.org/10.23917/dayasaing.v18i2.4507

Suwito, J. (2018). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA CV GLOBAL AC BANJARBARU. 112, 255–262.

Yasmin, S. N., Febrianty, R. N., Rasya, N. R., Yusuf, A., Ekonomi, F., & Singaperbangsa, U. (2021). Analisis loyalitas pengguna gopay. 13(3), 492–502.

Downloads

Published

2022-08-31

Issue

Section

Articles