Pengaruh Gaya Hidup dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Mie Sedaap (Studi Kasus Pada Mahasiswa Prodi S1 Manajemen)

Authors

  • Ni Nyoman Sintya Purnami Dewi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Made Dwi Ariani Mayasari Universitas Pendidikan Ganesha

Keywords:

citra merek, gaya hidup, keputusan pembelian

Abstract

Peneliti memegang sebuah tujuan dalam penelitian ialah untuk mengetahui bagaimana pengaruh variabel gaya hidup dan variabel citra merek, terhadap variabel keputusan pembelian baik itu memberikan hasil yang bersifat secara simultan maupun secara parsial. Subjek yang diimplementasikan ialah mahasiswa khususnya berada pada lingkungan prodi S1 manajemen yang melakukan aktivitas pembelian produk mie sedaap. Peneliti mengimplementasikan teknik purposive sampling, dengan menggunakan sebanyak 91 responden. Metode atau cara yang diterapkan dalam mengumpulkan suatu data ialah kuisioner. Kemudian cara untuk melakukan penganalisisan data menggunakan analisis regresi linier berganda. Perolehan hasil dalam penelitian ini, ialah (1) variabel gaya hidup dan variabel citra merek memunculkan pengaruh yang bersifat secara positif dan signifikan terhadap variabel keputusan pembelian. (2) variabel gaya hidup memunculkan pengaruh yang bersifat secara positif dan signifikan terhadap variabel keputusan pembelian. (3) variabel citra merek memunculkan pengaruh yang bersifat secara positif dan signifikan terhadap variabel keputusan pembelian.

Author Biographies

Ni Nyoman Sintya Purnami Dewi, Universitas Pendidikan Ganesha

Manajemen

Ni Made Dwi Ariani Mayasari, Universitas Pendidikan Ganesha

Manajemen

References

Aini, Dkk. (2019). Pengaruh Gaya Hidup Terhadap Citra Merek Pembelian Sepatu Olahraga Di Kudus Tahun 2018. Journal Of Sport Coaching And Physical Education. Volume 4, Nomor. 1.

Astuti, Dkk. (2020). Pengaruh Gaya Hidup Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Pada Situasi Covid 19 Di Kota Medan. Seminar Of Social Sciences Engineering & Humaniora.

Ghozali, Imam. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 21. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Kotler, Philip & Keller, K.L. (2009). Marketing Management. Jeresey : Prestice Hall

Kotler, Philip & Keller, K.L. (2012). Marketing Management. Edisi 14. New Jersey : Pearson Prestice Hall

Lamalewa, Dkk. (2018). The Influence Of Lifestyle And Brand Images On Decisions On Samsung Brand Smartphone Purchasing In Students Of Economic And Business At The University Of Musamus Merauke. International Journal Of Engineering And Technology (Ijmet). Volume. 9, Issue. 10. Hal 304-309

Miati, Iis. (2020). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Keputusan Pembelian Krudung Deenay (Studi Kasus Pada Konsumen Gea Fashion Banjar). Jurnal Ambiwara. Volume. 1, Nomor. 2.

Mowen, J.C Dan M. Minor. (2002). Perilaku Konsumen. Jilid 2 Edisi Kelima. Terj. Dari Consumen Behavior. 5thed. Dwi Kartini Yahya. Jakarta : PT. Penerbit Erlangga

Sangadji, E,M. (2013). Perilaku Konsumen. Yogyakarta : Penerbit Andi

Somantri, Dkk. (2020). Pengaruh Gaya Hidup Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Iphone ( Studi Kasusu Pada Siswa dan Siswi Sman 3 Kota Sukabumi). Cakrawala-Repositori Imwi. Volume. 3, Nomor. 1.

Setiadi, J.N. (2014). Perilaku Konsumen. Jakarta : PT Kencana.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung : Alfabeta

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Manajemen, Cetakan Ke-1. Bandung : Alfabeta

Utami,Dkk. (2017). Berita Kedokteran Masyarakat. Volume. 33, Nomor. 3 (Hlm 153-160)

Downloads

Published

2024-08-03

Issue

Section

Articles