Pengaruh Gaya Hidup dan Kemudahan Penggunaan Aplikasi terhadap Keputusan Pembelian Makanan melalui Grabfood pada Masa Pandemi Covid-19
Keywords:
gaya hidup, kemudahan penggunaan, keputusan pembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh gaya hidup dan kemudahan penggunaan secara simultan dan parsial terhadap keputusan pembelian. Subjek penelitian adalah konsumen yang menggunakan layanan Grabfood di wilayah Kota Singaraja. Sedangkan objek penelitian adalah gaya hidup, kemudahan penggunaan dan keputusan pembelian. Rancangan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif kausal. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan dianalisis dengan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) gaya hidup dan kemudahan penggunaan aplikasi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian makanan melalui Grabfood pada masa pandemi Covid-19. (2) gaya hidup berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian makanan melalui Grabfood pada masa pandemi Covid-19.(3) kemudahan penggunaan aplikasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian makanan melalui Grabfood pada masa pandemi Covid-19.
References
Aziz dan Tiarawati. 2021.Pengaruh Reputasi Penjualan, Kepercayaan, dan Kemudahan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Online Second Hand (Studi Pada Pengguna Aplikasi OLX). Jurnal Riser Manajemen Sains Indonesia. Vol. 12. No. 1.
Aziz, Venny Rizky Amelia. 2015. Pengaruh Persepsi Resiko dan Gaya Hidup terhadapKeputusan Pembelian Pakaian Secara Online melalui Blackberry Messenger (BBM). Ejournal Psikologi. Volume 4. Nomor 1. ISSN : 2301-8267.
Deavaj, Fin., and Kohli, 2003. E-Loyalty-elusive ideal or competitive edge. Communication of ACM 46,9.
Febriani, Mutia Ayu dan Tatiana Kristianingsih. 2018. Pengaruh Gaya Hidup dan Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek Samsung. Jurnal Aplikasi Bisnis. Volume 4. Nomor. 1. E-ISSN: 2407-5523. ISSN: 2407-3741.
Food.grab.com. 2020. Grabfood. https://food.grab.com./id/id/restaurannts (Diakses pada 12 Oktober 2020)
Hasan, Ali, 2009. Edisi Baru Marketing. Yogyakarta: Media Pressindo.
Kamilah,dkk. 2016. Pengaruh Kepercayaan. Kemudahan, Keberagaman Produk dan Gaya Hidup terhadap Keputusan Pembelian Hijab Merek Hijab Princess (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Islam Malam Angkatan 2013-2016 Pengguna
Media Sosial Instagram. E Jurnal Riset Manajemen.
Khoirudin, Imron Agung dan Imam Qalyubi. 2021. Pengaruh Gaya Hidup dan Kemudahan Transaksi Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada Masa Pandemi Covid-19. DAUN LONTAR . E-ISSN : 2654-7260.
Kotler, Philip dan Keller. 2012. Manajemen Pemasaran Edisi dua belas. Jilid 1 Jakarta : Erlangga.
Malau, Harman.2017. Manajemen Pemasaran:Teori dan Aplikasi Pemasaran Era Tradisional Sampai Era Modernisasi Global. Alfabeta : Bandung.
Maryanti, SE. 2021.”Dampak Covid-19 Bagi Kehidupan. Tersedia pada :https://smkakpelni.sch.id/dampak-covid-19-bagi-kehidupan/ (diakses tanggal 10 Oktober 2021).
Nasution, Hamni Fadlilah. 2018. Pengaruh Kemudahan dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Pakaian Secara Online (Studi Kasus Mahasiswa Belanja Online Pada FEBRI IAIN Padangsidimpuan). Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis Islam. Volume. 4 Nomor 1.
Nawangsari, Sri dan Yeksi Karmayanti. 2018. Pengaruh Kepercayaan Kemudahan, dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Media Sosial Instagram (Studi Kasus Pada Online Shop YLX.Store). Konferensi Nasional Sistem Informasi.
Rohman, Heryanti dan Zuldan Ady Fataron. 2019. Effect Analysis Of Trust, Ease, Information Quality, Halal Product On Online, Purchase Decision Of 2016-2018 Batch Student Of Islamic Economics Study Program In UIN Waliwongso At Shopee Marketplace. Journal of Digital Marketing and Halal Industry.Vol.1 No 1
Setyarko, Yugi.2016. Analisis Persepsi Harga, Promosi, Kualitas Layanan, dan Kemudahan penggunaan terhadap Keputusan Pembelian Produk Secara Online. Jurnal Ekonomika dan Manajemen. Vol 5. No 2. ISSN: 2252-6226.
Sugiyono.2007. Metodologi Penelitian Bisnis. Edisi X. Bandung : CV Alfabeta.
Top Brand Index. 2020 . “Jasa Transportasi Online https://www.topbrandaward.com/en/2020/06/jasa-transportasi-online-fase-2-2020/(diakses pada 12 Oktober 2020)
Turban, E., King, D., Lee, J., & Viehland, D. (2010). Electronic Commerce: A Managerial
Perspective. New Jersey: Pearson Prentice Hall, Inc
Warayuanti dan Suryanto. 2015. The Influence of Lifestyles and Consumers Attitudes on Product Purchasing Decision Via Online Shopping in Indonesia. European Journal of Business and Management. Vol 7. No 8. ISSN: 2222-1905.
Wibowo, Alfina Fajar dan Eko Suseno Hendro Riyadi. 2017. Pengaruh Gaya Hidup, Prestise dan Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Taiwan Tea House Semerang). Seminar Nasional Riset Manajemen dan Bisnis. ISBN : 978-361-067-9.
Yuliawan,dkk. 2018. Analisis Pengaruh Faktor Kepercayaan, Kemudahan, dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Online Shop Zalora Indonesia (Studi Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen STIE Mikroskil Medan. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan. Vol 2. No 2. ISSN: 1978-2586.