Pengaruh Orientasi Pasar dan Inovasi Produk terhadap Kinerja Pemasaran pada Industri Pengolahan Kayu di Desa Yeh Sumbul
Keywords:
Market orientation, Product innovation, Marketing performance.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuai pengaruh: (1) Orientasi pasar dan inovasi produk
terhadap kinerja pemasaran, (2) Orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran, (3) Inovasi produk
terhadap kinerja pemasaran pada industri pengolahan kayu di Desa Yeh Sumbul. Sampel dalam
penelitian ini sebanyak 100 responden dengan menggunakan teknik porposive sampling. Desain
penelitian yang digunakan kuantitatif kausal. Data dikumpulkan dengan kuesioner dan wawancara
serta dianalisis dengan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut:
(1) Orientasi pasar dan inovasi produk berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran, (2)
Orientasi pasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran, (3) Inovasi produk
berpengaruh positif dan signifikanterhadap kinerja pemasaran pada industri pengolahan kayu di Desa
Yeh Sumbul.
References
Almira, A. (2018). Keputusan Pembelian Maison Nob. 3.
Altuntas, G., Semercioz, F., and Eregez, H. 2013. Linking Strategic and Market Orientations to Organizational Performance: The Role of Innovation in Private Healthcare Organizations. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 99 (9), pp: 413-419
Ardyan E., Sugiyarti G., (2018). The influence of e-CRM capability and co- information sharing activity on product competitiveness and marketing performance of small and medium-sized enterprises. Int. J. Electronic Customer Relationship Management, Vol. 11, No. 2.
Dhewanto, W., R. Indradewa., W.N. Ulfah., G. Yoshanti., dan C. Zendry. 2015. Manajemen Inovasi untuk Usaha Kecil dan Mikro. Bandung : CV Alfabeta.
Ferdinand, Augusty. 2002. Structural Equation Modeling dalam Penelitian Manajemen. Bandung: BP UNPAD.
Ferdinand, Augusty. (2006). Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponogoro.
Hadjimanolis Athanasios, 2000, An investigation of innovation Antecedents in Small Firms in the Context of Small Developing Country”, R&D Management, vol 30, pp 235-245.
Hartantyi, I. T, Ratnawati. A. 2013. Peningkatan kinerja pemasaran melalui Optimalisasi keunggulan bersaing. EKOBIS Vol.14, No.2, Januari 2013.
Haryanto, A. T., Tulus, H., dan Hunik, S. R. S. (2017) “Market Orientation, Learning Orientation andSmall Medium Enterprises Performance:The Mediating Role of Innovation”.International Review of Management and Marketing, 7 (1),484-491.
Jaworski,B.J., & Kohli, A. K. 2010. Market Orientation : Antecedents and Consequences, Journal of Marketing.
Kotler, Philip and Amstrong. 2016. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1.Jakarta: Erlangga.
Manaher, S. M. (2018). Analisis Pengaruh Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan . Vol.6 No.4 September 2018, 3603-3612.
Nasir, S. (2017). The Influence Of Product Innovation Toward Marketing. Vol. 5 No. 1 Tahun 2017, 5, 21-25.
Novarini, D. A. (2020). Pengaruh Inovasi Produk dan Orientasi Pasar terhadap Kinerja. Volume 03, Nomor 03, Juni 2020, 03, 327-335.
Pattipeilohy, 2018; Inovasi produk dan keunggulan bersaing: Pengaruhnya terhadap Kinerja Pemasaran (Studi pada usaha nasi Kuning di Kelurahan batu Meja Kota Ambon). JURNAL MANEKSI VOL 7, NO. 1, JUNI 2018.
Puspitasari, Utami. 2015. Orientasi Pasar dan Inovasi Produk sebagai Strategi untuk meningkatkan Kinerja Pemasaran Perusahaan Mebel Jepara. Prosiding Seminar Nasional Kebangkitan Teknologi Tahun 2015. h: 135-148.
Sugiyarti G, Ardyan E. (2017). Market Sensing Capability and Product Innovation Advantages in Emerging Markets: The Case of Market Entry Quality and Marketing Performance of Batik Industry in Indonesia. DLSU Business & Economics Review 27(1): 1-12.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suroso, I. 2007. Konsep Teori dan Teknik Menganalisa Kinerja Pemasaran. Yogyakarta : Center for Socienty Studies.
Tandjung, J.W., 2009. Marketing Management : Pendekatan pada Nilai-nilai Pelanggan. Surabaya : Bayumedia.
Tjiptono, F., dan G. Chandra. 2017. Pemasaran Strategik. Yogyakarta : CV Andi Offset.
Utaminingsih, (2016). Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi Produk, dan Kreativitas Strategi Pemasaran terhadap Kinerja Pemasaran pada UKM Kerajinan Rotan di Desa Teluk Wetan, Welahan, Jepara. Vol. 31 No. 2 Tahun 2016, 77-87.