Pengaruh Tingkat Perputaran Kas dan Perputaran Piutang serta Jumlah Nasabah Kredit Terhadap Return On Assets pada Lembaga Perkreditan Desa di Kecamatan Manggis

Authors

  • Jodi Putra Wirawan Universitas Pendidikan Ganesha
  • Fridayana Yudiatmaja Universitas Pendidikan Ganesha

Keywords:

kas, piutang, nasabah kredit, return on assets

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh tingkat perputaran kas, perputaran piutang, dan jumlah nasabah kredit terhadap return on assets. dengan menggunakan metode kuantitatif kasual, penelitian ini melibatkan LPD Kecamatan Manggis Tahun 2019-2020 dengan jumlah populasi sebanyak 17 LPD sebagai subjek penelitian. Data yang dikumpulkan dengan metode pencatatan dokumen di analisis dengan analisis regresi linier berganda. Analisa penelitian mengidentifikasi bahwa (1) tingkat perputaran kas, perputaran piutang dan jumlah nasabah kredit berpengaruh signifikan terhadap return on assets, (2) tingkat perputaran kas berpengaruh positif dan signifikan terhadap return on assets, (3) perputaran piutang berpengaruh positif dan signifikan terhadap return on assets, (4) jumlah nasabah kredit berpengaruh positif dan signifikan terhadap return on assets.

References

Dewi, N.L.P.S. dan Ratnadi, N.M.D. 2018. “Pengaruh Jumlah Nasabah Kredit dan Kredit yang disalurkan pada Profitabilitas dengan NPL sebagai Pemoderesasi” E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana. Vol 22, No 1. ISSN:2302-8556.

Friskayanti, M.E., Atmadja, A. W.T., dan Musmini, L. S. 2014. Pengaruh Tingkat Perputaran Kas, Perputaran Kredit, Biaya Operasional Pendapatan Operasional(BOPO), Kecukupan Modal dan Jumlah Nasabah terhadap Profitabilitas (Studi Pada LPD Kabupaten Buleleng yang Terdaftar pada LPLPD Periode 2009-2013). E-Journal S1 Ak Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Akuntansi S1.

Kasmir. 2004. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kasmir. 2005. Etika Costumer Service. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kasmir. 2012. Analisis Laporan Keuangan. Cetakan Kelima, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Kasmir. 2013. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Rajawali. Pers

Kasmir. 2014. Pengantar Manajemen Keuangan. Jakarta: Kharisma Putra Kencana.

Kasmir. 2014. Pengantar Manajemen Keuangan. Jakarta: Kharisma Putra Kencana.

Kasmir. 2016. Analisis Laporan Keuangan, Cetakan 9. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Mulyadi. 2005. Akuntansi Biaya. Edisi ke-5. Yogyakarta: Akademi Manajemen Perusahaan YKPN.

Munawir. 2004. Analisa Laporan Keuangan. Edisi empat. Yogyakarta: Liberty.

Nopiana, Yuli. Herawati, T. H, Sulindawati, N. L. G. E. 2015. “ Pengaruh Tingkat Perputaran Modal Kerja, Perputaran Kas, Perputaran Piutang, Pertumbuhan Jumlah Nasabah, dan Jumlah Karyawan terhadap Profitabilitas Koperasi Simpan Pinjam (KSP) di Kabupaten Buleleng. E-Jurnal S1 Akuntansi Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 3, No1.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suminar, Tejo 2014, “Pengaruh Perputaran Persediaan, Perputaran Piutang dan Perputaran Kas terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di BEI Periode 2008-2013”. E-Jurnal Univesitas Pandanaran.

Surata, I Nyoman. 2011. Penerapan Sanksi Adat oleh Desa Pakaraman dalam Pengelolaan Lembaga Perkreditan Desa (LPD). Widyatech Jurnal Sains dan Teknologi, Vol. 1, No. 1.

Tanaya, Selvi. 2016. “Pengaruh Perputaran Kas, Perputaran Piutang dan Jumlah Nasabah Kredit terhadap Profitabilitas pada Lembaga Perkreditan Desa (LPD) di Kecamatan Kubutambahan Periode 2012-2014”. E - Jurnal Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Manajemen

Peraturan Daerah (Perda) Provinsi Bali Nomor 3 tahun 2007. Pengertian LPD. http://ditjenpp.kemenkumham.go.id/files/ld/2007/ProvinsiBali-3-200 7.pdf

Peraturan Daerah (Perda) No. 2 Tahun 2002. Tujuan Pendirian LPD. https://www.denpasarkota.go.id/grafis/baca/81

Pratama, I Putu Wendra.2019. “Pengaruh Tingkat Perputaran Kas, Perputaran Piutang, dan Jumlah Nasabah Kredit terhadap Profitabilitas pada LPD Kecamatan Negara”. Skripsi, Fakultas Ekonomi, Manajemen, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja.

Putra. I. W. S, Wirajaya.I.G.A. 2013. “Pengaruh Tingkat Perputaran Kas, Piutang dan Jumlah Nasabah Kredit pada Profitabilitas LPD di Kecamatan Ubud”. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, Vol.3 No.1,ISSN : 2302-8556.

Utami, N. P.R, dkk. 2019. “Pengaruh Tingkat Perputaran Kas, Ukuran Perusahaan dan Komposisi Pendanaan terhadap Profitabilitas pada LPD di Kecamatan Sukawati”. E-Jurnal. Akuntansi Unviersitas Mahasaraswati. Vol 1, No 1.

Wild, Subrahanyam and Halsey, R.F. 2007. Financial Statement Analysis. 9th ED. Irwin USA : McGraw-Hill

Downloads

Published

2024-03-28

Issue

Section

Articles