Pengaruh Kualitas Produk dan Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian di Kopi Lingsir Bangli

Authors

  • Komang Crisna Adi Putra Sudiarta Universitas Pendidikan Ganesha
  • Komang Endrawan Sumadi Putra Universitas Pendidikan Ganesha

Keywords:

keputusan pembelian, kualitas produk, store atmosphere

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas produk dan store atmosphere baik secara simultan maupun parsial terhadap keputusan pembelian pada Kopi Lingsir Bangli. Jumlah sampel dalam penelitian ini yaitu sebanyak 130 responden, teknik sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian dengan sumbangan pengaruh sebesar 14,4%. (2) store atmosphere berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian dengan sumbangan pengaruh sebesar 7.6%. (3) kualitas produk dan store atmosphere berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan sumbangan pengaruh sebesar 78,5% serta pengaruh variabel lain sebesar 21,5%

References

Arief, Prasetyo. Fadhilah, Muinah. Cahyani, Putri Dwi. 2021. Pengaruh Store Atmosphere, Kualitas Pelayanan, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada mahasiswa konsumen produk dazzle di universitas sarjanawiyata tamansiswa yogyakarta). Jurnal Manajemen Diversifikasi Vol 1 No 4 (2021).

Djohansjah, Christian. Pratomo, Cornelius Victor. 2017. Analisa Pengaruh Store Atmosphere, Kualitas Produk, dan Kualitas Layanan terhadap Keputusan Pembelian di Caturra Espresso. Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa. Vol 5, No 2 (2017).

Ferdinand, Augusty Tae. 2006. Metode Penelitian Manajamen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Irma Safitri. 2019. Pengaruh Store Atmosphere, Harga, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Peralatan Rumah Tangga. (Studi Kasus pada Konsumen Toko Iin Jaya Plastik di Temanggung). Skripsi. Tidak diterbitkan. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis. Universitas Muhammadiyah: Magelang.

Kotler, Philip dan Amstrong, Gary, 2014, Principles of Marketing, 12th Edition, Jilid 1 Terjemahan Bob Sabran Jakarta : Erlangga.

Kotler, Philip. dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Jilid 2. Alih bahasa: Bob Sabran. Jakarta : Penerbit Erlangga.

Levy, Michael and Barton Weitz. 2001. Retailing Management. International Edition. Edisi 4 New York: McGraw-Hill.

Maki, V. A., Massie, J.D.D., Soepeno., Djurwaty. 2017. Pengaruh Store Atmosphere dan Faktor Psikologis terhadap Keputusan Pembelian pada Matahari Departemen Store Mega Trade Center Manado Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi. Vol 5, No 2.

Nahlia, Farah; DS, Agus Hermani 2016. Pengaruh Suasana Toko dan Kualitas Layanan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Toserba Gajah Mada di Jombang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis. Volume 5, Nomor 4, Tahun 2016.

Vidawanti, N.A., Parjono. 2017. Pengaruh Suasana Toko dan Kualitas Layanan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Toserba Gajah Mada di Jombang. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN). Volume 01 Nomor 01 Tahun 2017.

Nurfarida, Iva Nurdiana. Suryaningtyas, Dianawati. Sari. 2018. Pengaruh Suasana Toko, Keragaman Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian ( Studi Pada Konsumen Ramayana Department Store Kota Malang). Jurnal Riset Mahasiswa Manajemen. Vol. 4 No. 1 (2018).

Pusat Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian. 2020. Diakses pada 15 September 2021, dari https://pse.litbang.pertanian.go.id/ind/index.php/covid-19/berita-covid19/591-wisata-kopi-trend-baru-pada-era-normal-baru

Rumondor, Priskyla Wenda. Tumbel, Altje L. Ogi, Imelda W.J. 2017. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Word Of Mouth terhadap Keputusan Pembelian pada Rumah Kopi dan Mie Toronata di Kawangkoan. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi. Vol 5, No 2.

Santosa, Noer Cahyo. Hidayat, Wahyu. 2019. Pengaruh Kualitas Produk, Promosi dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Pembeli Produk Rotiboy Di Mall Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis. Vol 8, No 4.

Santoso, Singgih.. 2001. SPSS Versi 11,5 Mengolah Data Statistik Secara Profesional. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif & RND. Bandung: Alfabeta.

Suharto, Gladis Pungky (2017). Pengaruh Gaya Hidup, Suasana Toko dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Giggle Box Café dan Resto Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis. Vol. 6, no. 1, pp. 118-129.

Wahyuni,Sri., dan Ginting, Mervianna (2017). The Impact of Product Quality, Price and Distribution on Purchasing Decision on the Astra Motor Products in Jakarta. Journal of Business Management and Accounting. Vol. 1, No. 1 (2017), pp. 18-26.

Yumi Febiola Merentek. Joyce Lapian. Agus Supandi Soegoto. 2017. Pengaruh Kualitas Produk, Suasana Toko, dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian pada KFC Bahu Mall Manado. Jurnal EMBA. Vol.5 No.2 September 2017.

Downloads

Published

2024-07-21

Issue

Section

Articles