Strategi Pemasaran Terhadap Minat Beli Perhotelan di Kota Tarakan

Authors

  • Nurjannatul Hasanah Universitas Borneo Tarakan
  • Aditya Priatama Universitas Borneo Tarakan

Keywords:

Fasilitas, Harga, Lokasi, Minat pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pemasaran terhadap minat beli hotel berbintang di kota Tarakan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan dilanjutkan dengan snowball sampling. Sampel yang digunakan belum pernah menginap dan mengetahui hotel berbintang di Kota Tarakan. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dan uji-t yang dioperasikan pada program SPSS versi 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fasilitas mempengaruhi minat beli hotel di Kota Tarakan hal ini berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan terhadap melihat pengaruh tidak langsung fasilitas terhadap minat beli konsumen pada hotel berbintang. Disimpulkan bahwa awan minat beli konsumen timbul karena pengaruh yang ditawarkan oleh hotel, sehingga dapat menarik konsumen hotel untuk menginap.

References

Agus Sulastiyono. (2006). ”Manajemen Penyelenggaraan Hotel” Bandung: Alfabeta.

Agusty, Ferdinand. (2006). ”Metode penelitian manajemen : pedoman penelitian untuk skripsi, tesis dan disertai ilmu manajemen”.Semarang: Universitas Diponegoro.

Ali, Hasan. (2008). Marketing. Yogyakarta : Media Pressindo

Alma Buchari dan Ratih Hurriyati. (2008). Manajemen Corporate dan Strateg Pemasaran Jasa Pendidikan Fokus Pada Mutu Dan Layanan Prima. Bandung: Alfabeta.

Aprih, Santoso dan Sri Widowati. (2011). ”pengaruh kualitas pelayanan, fasilitas dan lokasi terhadap keputusan pembelian”.Semarang: Jurnal Dinamika Sosial Budaya.

A.Rusdiana, Moch.Irfan. (2014). ”Sistem Informasi Manajemen”Bandung: Pustaka Setia.

Danang, Sunyoto. (2013). Metodologi penelitian Akuntansi. Bandung: PT. Refika Aditama Anggota Ikapi.

Dewa, Ndaru Kusuma. (2009). Analisis pengaruh kualitas produk, daya tarik promosi dan harga terhadap minat beli konsumen. Semarang : Universitas Diponegoro.

Dharmmesta Basu Swastha & Hani Handoko. (2011). Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen. Yogyakarta : BPFE.

Dinawan. (2010). Kualitas Produk : Alat Strategi yang Penting, free press. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Donald R. Cooper & Pamela S.Schindler, (2006), Bussines Research Methods, 9th edition. McGraw-Hill International Edition.

Febri, Dwi. (2006). Analisis Strategi Diferensiasi, promosi dan kualitas pelayanan dalam meningkatkan miat beli (Studi kasus pada Patra Semarang Convention Hotel), Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.

Fransiska Marlen Baunsele. (2018). “Pengaruh Promosi,fasilitas,lokasi dan harga terhadap keputusan menginap (studi pada hotel T-Mote Kupang)”.Kupang: Universitas Nusa Cendana.

Heizer, J. Dan Render, B. (2006) Manajemen Operasi, Edisi 7. Jakarta: Salemba Empat.

Heriawan, Rusman. 2004. “Peranan dan dampak pariwisata pada perekonomian Indonesia: suatu pendekatan model I-O dan SAM”. Bogor: Disertasi, Doktoral institut Pertanian Bogor.

Julia, B. (2018). Pengaruh Promosi, fasilitas, lokasi dan harga terhadap keputusan menginap. Universitas Nusa Cendana.

Kartika, M. (2011). Analsis faktor-faktor yang mempengaruhi minat beli konsumen memilih jasa perhotelan pada Hotel Gracia Semarang. Fakultas Ekonomi, Universitas Diponegoro.

Kasmir, (2011). Analisis laporan keuangan. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Kinnear, Thomas C, dan Taylor, James R. (2003). Riset Pemasaran. Edisi 3. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Amstrong. (2004). “Prinsip-prinsip Pemasaran” Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip. (2008). Manajemen Pemasaran. edisi 12 jilid 12. Jakarta : PT Indeks Kelompok Gramedia.

Kurtz, David L. Bone. (2012). “Principle of Contemporary Marketing”. USA: Cenbage Learning.

Lupiyoadi, Rambat. (2001). Manajemen Pemasaran Jasa, Teori dan Praktek. Edisi Pertama. Jakarta: Salemba Empat.

Maryani dan Syamsudin. (2009). Pengembangan program pembelajaraan IPS untuk meningkatkan kompetisis keterampilan sosial. Jurnal, Volume 9 Nomor 1. Halaman 5.

Mustapa, A., Patricia, D. P., & Leonardo, B.H. (2018). ”Pengaruh kualitas produk, harga produk,dan keragaman produk sperpart toyota terhadap minat beli ulang konsumen dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel”.Semarang : Journal of manajemen Universitas Pandanaran

Musyaffaq, D.I. (2017). pengaruh penataan produk, atmosfer toko dan promosi Below The Line terhadap pembelian implusif melalui emosi positif sebagai variabel intervening (studi kasus pada konsumen Batik Danar Hadi Surakarta). Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Institut Agama Islam Negeri Surakarta.

Natalia, L. (2008). Analisis faktor Persepsi yang mempengaruhi Minat Konsumen Untuk berbelanja pada Giant Hypermart Bekasi. Jakarta: Universitas Gunadarma.

Nugroho dan Ratih Paramita. (2009). Anlisis Pengaruh Lokasi, Keanekaragaman Barang Terhadap Keputusan Berbelanja dan Loyalitas Konsumen di Carrefour Semarang. Semarang: Universitas Islam Sultan Agung.

Otegbulu, A., & Tenigbade, O. (2011).”An. Assessment of lodgers value perception of hotel facilities and service”.

Punjabi, B. (2010). ”Pengaruh citra merek pada minat beli melalui sikap terhadap merek (studi kasus pada pasta gigi ciptadent diSemarang)”.Semarang: Working Paper

Raharjani. (2005). ”Analisa faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pemilihan pasar swalayan sebagai tempat berbelanja (studi kasus pada pasar swalayan dikawasan sekitar simpang lima Semarang)”.Semarang: jurnal studi manajemen dan organisasi, Vol.2

Rangkuti, Freddy. (2001). “Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis”. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama.

Sinaga, Supriono. (2010). “Potensi Wisatawan Air Terjun Serdang Sebagai Daya Tarik Wisata Di Kabupaten Labuhan Batu Utara”. Universitas Sumatera Utara: Kertas Karya.

Sudaryono. (2016). “Manajemen Pemasaran Teori dan Implementasi” Yogyakarta: ANDI.

Sukirno, Sadono (2005), Pengantar mikro Ekonomi, Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.

Sukmawati Sukamulja. (2005). ”good corporate governance disektor keuangan : dampak good corporate terhadap kinerja keuangan”Vol.8 No.1 . Juni 2004

Suwandari, Lusi. (2008). Pengaruh promotional mix pada peningkatan volume penjualan kosmetika skiva PT.cosmolab prima di Purwokerto. Purwokerta : STIMIK Amikom. Jurnal Pro Bisnis.

Swastha dalam Hartono. (2012). “Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Penjualan Pada Perusahaan”. Jakarta: Universitas Bina Nusantara.

Tjiptono, Fandy. (2011). Strategi Pemas aran.Edisi 3 . Yogyakarta: ANDI.

Tjiptono, Fandy. (2014). ”Pemasaran jasa- Prinsip, Penerapan dan penelitian”Yogyakarta: ANDI Offset

Verina Onggusti dan Jovita Alfonso. (2015). P engaruh Harga, Produk, Lokasi dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Di Hotel Butik Bintang 3 Di Surabaya. Surabaya: Universitas Kristen Petra.

Widoyono (2006) ‘Promosi Sebagai Salah Satu Upaya Dalam Pemasaran Periwisata’, Benefit: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 10(1), pp. 106-114. doi: http://doi.org/10.23917/benefit.v10il.1223.

Downloads

Published

2023-01-02

Issue

Section

Articles