Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen di Kedai Kopi Uptown Brew, Greenlake City, Tangerang

Authors

  • Linda Desafitri Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti
  • Irfal Irfal Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti
  • Brian Justin Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan. Jenis penelitian ini deskriptif kuantitatif dengan metode analisis regresi sederhana.  Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah probability sampling dengan jenis simple random sampling. Populasi dalam penelitian adalah seluruh pelanggan Kedai Kopi Uptown Brew Greenlake selama bulan Januari-Maret 2022 berjumlah 10.003 orang. Dengan teknik rumus Slovin jumlah yang diperoleh adalah 100 responden. Teknik pengumpulan data dengan menyebarkan kuisioner dengan skala likert 1-5. Hasil penelitian  menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Memberikan pelayanan yang baik  akan terwujud kepuasan pelanggan dan pembelian ulang pun akan terjadi serta rekomendasi kepada pihak ketiga akan berlanjut. Kedai Kopi Uptown Brew perlu strategi dan cara untuk dapat mengedepankan preferensi dan kesukaan pembeli seperti penyajian kopi bagi casual drinkers akan berbeda bagi mereka pecinta kopi.

References

Afriyanti, S., & Rasmikayati, E. (2018). Studi Strategi Pemasaran Terbaik Berdasarkan Perilaku Konsumen Dalam Menghadapi Persaingan Antar Kedai Kopi di Jatinangor. Jurnal Ilmiah Mahasiswa AGROINFO GALUH, 4(3): 856-872.

Amrullah., Taviprawati, E., & Permatasari, D. (2022). The Effect of Product Quality and Customer Satisfaction on Customer Loyalty at Pempek 888 Taman Kenten Palembang Restaurant. TRJ: Tourism Research Journal, 6(1): 49-59.

Igiasi, T. S. (2017). Kedai Kopi Sebagai Ruang Publik: Studi Tentang Gaya Hidup Masyarakat Kota Tanjungpinang. Jurnal Masyarakat Maritim, 1(1): 19-28.

Kahfi, G. A., & Nugraha, R. N. (2022). The Effect of Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance and Empathy on Tourist Satisfaction in Dunia Fantasi Taman Impian Jaya Ancol After The Implementation of The Covid-19 Vaccination. TRJ: Tourism Research Journal, 6(1): 127-139.

Marie, A. L., Sulistyo, T. D., & Ratnaningtyas, H. (2022). Factors Influencing Changes in Consumer Behavior in Choosing Coffee Outlets in Jakarta During the Covid-19 Pandemic. At-Tadbir: Jurnal Ilmiah Manajemen, 6(2): 120-131.

Nasution, D. Z., Gantina, D., & Fitriana, R. 2022. Pemanfaatan Aplikasi Pemesanan Makanan dan Dampaknya terhadap Kepuasan Pelayanan. Jurnal Ilmiah Pariwisata, 27(1): 51-59.

Rasmikayati, E., Afriyanti, S., & Saefudin, B. R. (2020). Keragaan, Potensi Dan Kendala Pada Usaha Kedai Kopi Di Jatinangor (Kasus pada Belike Coffee Shop dan Balad Coffee Works). Agritekh (Jurnal Agribisnis dan Teknologi Pangan), 1(1): 26-45.

Ratnaningtyas, H., Nurbaeti., Asmaniati, F., & Amrullah. (2022). The Effect of 4p on The Decision to Visit Ampera 2 Tak Veteran's Restaurant Bintaro, Jakarta Selatan. JPIM: Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen, 7(1): 149-159.

Sembiring, V. A., Prabandari, W. D., & Darsiah, A. (2022). The Effect of Service Quality on Customer Satisfaction at Roti Bakar 88 Poris Tangerang. TRJ: Tourism Research Journal, 6(2): 160-170.

Setiawan, C., Octarina, D., & Pangosta, J. R. (2022). The Effect of Promotion on Purchase Decision at Cafe Praja Bintaro, South Tangerang. TRJ: Tourism Research Journal, 6(1): 39-48.

Tarigan, E., Sembiring, V. A., & Taviprawati. (2021). Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Kualitas Pelayanan dan Loyalitas Kerja Pada Karyawandi Rumah Makan Palinggihan Cirebon. Jurnal Ilmiah Pariwisata, 26(2): 133-142.

Downloads

Published

2023-01-02

Issue

Section

Articles