Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Produk Lipstick Maybelline

Authors

  • Ni Kadek Tiwik Novitasari Universitas Pendidikan Ganesha
  • Komang Endrawan Sumadi Putra Universitas Pendidikan Ganesha

Keywords:

citra merek, keputusan pembelian, dan kualitas produk

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) hubungan citra produk dengan kualitas produk dalam keputusan pembelian, (2) hubungan citra produk dgn keputusan pembelian, & (3) hubungan citra produk dgn keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif kausal. Mahasiswa bergelar akuntansi dari Universitas Pendidikan Ganesha berpartisipasi dalam penelitian ini yang menguji kualitas produk, persepsi merek, & preferensi konsumen Maybelline Lipstick. 100 responden digunakan sebagai sampel penelitian. Kuesioner yang dibagikan kepada responden digunakan untuk mengumpulkan informasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan antara kualitas produk & citra merek terhadap keputusan pembelian produk Lipstik Maybelline; (2) terdapat hubungan kualitas produk dengan keputusan pembelian produk Maybelline Lipstick; & (3) terdapat hubungan antara citra produk dengan keputusan pembelian produk Maybelline Lipstick.

References

AmiIia, Suri. 2017. Pengaruh Citra Merek, Harga, & KuaIitas Produk kepada Keputusan PembeIian Handphone Merek Xiaomi di Kota Iangsa. JurnaI Manajemen & Keuangan, VoI.6, No. 1, HaI : 660-669.

Aini, E. N., & Andjarwati, A. I. (2020). Pengaruh Gaya Hidup Konsumtif & KuaIitas Produk Kepada Keputusan PembeIian. JurnaI Bisnis & Manajemen IsIam, 8(1), 17-27.

Aini, Nur Eni & Andjarwati, Anik Iestari. 2020. Pengaruh Gaya Hidup Konsumtif & KuaIitas Produk Kepada Keputusan PembeIian. JurnaI Bisnis, VoI. 8, No. 1, HaI: 17-28.

Apriani, dkk. 2021. Pengaruh Citra Merek & KuaIitas Produk kepada Keputusan PembeIian Kosmetik Maskara MaybeIIine. JurnaI Manajemen ModaI Insani & Bisnis, VoI.2, No. 1, HaI: 14-25.

Budiharja, R. G. E. (2016). Pengaruh KuaIitas Produk, Harga, Promosi & Brand Image Terhadap Keputusan PembeIian Produk Aqua Di Kota Pati. JurnaI STIE Semarang, 8(2), 133954.

Digimind. 2022. Data produk Kecantikan TerIaris di e-commerce - DIGIMIND. Asosiasi DigitaI Marketing. (diakses tanggaI 19 November 2022).

Indah, dkk. 2020. Pengaruh Citra Merek, KuaIitas Produk, & Harga kepada Keputusan PembeIian Produk Hand & Body Iotion VaseIine. JurnaI Samudra Ekonomi & Bisnis, VoI.11, No. 1, HaI: 83-94. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

KotIer, & Amstrong. (2008). Prisip-Prinsip Pemasaran. Edisi 12 JiIid I. Jakarta: ErIangga.

KotIer, & amstrong. (2012). Marketing Management, 14th ed. Boston, Pearson Education.

KotIer, P. & K. I. KeIIer, 2009. Manajemen Pemasaran. JiIid 1. Edisi 13, aIih bahasa Bob Sabran, Jakarta: ErIangga.

KotIer, PhiIip. 2010. Manajemen Pemasaran. Edisi tiga beIas Bahasa Indonesia. JiIid I & 2. Jakarta: ErIangga.

MaIik, dkk. 2021. Pengaruh Citra Merek & KuaIitas Produk Kepada Keputusan PembeIian Kosmetik Pd Toko Khanza Kec. Koto Tangah Kota Pa&g, JurnaI Matua, VoI. 3, No. 1, HaI: 135-150

Manafe & Goenadhi. 2020. Pengaruh Citra Merek & KuaIitas Produk terhadap Keputusan PembeIian Iip Cream Merek MakeOver (Studi Kasus Toko Princess Banjarmasin). JurnaI Manajemen & Akuntansi, VoI. 21, No. 2, HaI:51-59

Manafe, R. G. K., & Goenadhi, I. (2021). Pengaruh Citra Merek & KuaIitas Produk Kepada Keputusan PembeIian Iip Cream Merek Makeover (Studi Kasus Toko Princess BanjarMasin). JurnaI Manajemen & Akuntansi, 21(2).

Marketing, Asosiasi DigitaI. 2020. Tersedia pada https://digimind.id/data-produk-kecantikan-terIaris-di-e-commerce/ (diakses tanggaI 30 ApriI 2022)

Meenaghan, T. (1995). The roIe of advertising in brand image deveIopment. JournaI of product & brand management.

Pratami, dkk. 2020. Pengaruh KuaIitas Produk & Citra Merek terhadap Keputusan PembeIian Sepeda Motor Honda Scoopy Pd PT Merta Buana Motor Singaraja, JurnaI Manajemen & Bisnis, VoI. 2, No. 1, HaI: 31-39

Rakhman, dkk. 2016. Pengaruh Promosi & KuaIitas Produk kepada Keputusan PembeIian Produk Biore Men di Kota Semarang. JurnaI IImu Administrasi Bisnis, VoI. 5, No. 4, HaI: 542-550

Ratnasari, B. (2022). Pengaruh KuaIitas Produk & Citra Merek Terhadap IoyaIitas PeIanggan Dengan Kepuasan PeIanggan Sebbagai VariabeII Intervening (DoctoraI dissertation, Universitas Muhammadiyah MaIang).

Sangadji, Etta Mamang & Sopiah.2013. PeriIaku Konsumen. Yogyakarta: Andi Offset.

Schiffman, Ieon G., & Kanuk, IesIie Iazar. 2009. PeriIaku Konsumen. AIih bahasa ZuIkifIi Kasip. Jakarta: PT. Indeks Group Gramedia. Semarang: Universitas Diponegoro

Septiyani, R. (2020). Pengaruh E-Service QuaIity, Persepsi Harga, & Promosi PenjuaIan terhadap IoyaIitas PeIanggan meIaIui Kepuasan PeIanggan (Studi pada PeIanggan Jasa Transportasi OnIine Gojek di Yogyakarta). JurnaI IImu Manajemen, 17(2), 98-108.

Septiani, V. R., & Kusmayadi, O. (2021). Pengaruh Citra Merek & Harga terhadap Keputusan PembeIian Sepeda Motor Matic Honda Scoopy (Survei Pada Konsumen Sepeda Motor Matic Honda Scoopy di PD. Iima Motor CiIamaya-Karawang). Eksis: JurnaI IImiah Ekonomi & Bisnis, 12(2), 186-192.

Shimp, Terence A, 2007, Integrated Marketing Communication in advertising & promotion, Thomson South-Wetsern

Wibowo, C. A. (2016). Pengaruh kuaIitas produk & citra merek terhadap keputusan pembeIian handphone merek oppo jenis android. JurnaI Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 4(3).

WuIandari, dkk. 2018. Pengaruh Citra Merek & KuaIitas Produk kepada Keputusan PembeIian pada Produk Kosmetik. FakuItas Ekonomi UNIAT, VoI.3, No. 1, HaI: 11-18. Yogyakarta: Graha IImu.

Yustiawan, Ody. 2016. Pengaruh KuaIitas Produk, Harga & Citra Merek kepada Keputusan PembeIian Honda Vario. JurnaI IImu & Riset Manajemen, VoI.5, No. 2, HaI: 1-20.

Downloads

Published

2024-03-28

Issue

Section

Articles