Pengaruh Lingkungan Kerja dan Motivasi Kerja terhadap Produktivitas Petani Cengkeh di Desa Ambengan Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng

Authors

  • Ketut Dedy Pranata Universitas Pendidikan Ganesha
  • Komang Krisna Heryanda Universitas Pendidikan Ganesha

Keywords:

AISAS

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan dampak lingkungan kerja dan motivasi kerja pada Produktivitas dan motivasi kerja merupakan dampak lingkungan sedang Berkomitmen untuk meningkatkan produktivitas petani cengkeh. Subyek penelitian ini adalah petani cengkeh di Desa Ambengan Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng. Objek penelitian ini adalah lingkungan kerja, motivasi kerja dan produktivitas petani. Penelitian ini mengunakan metode kuantitatif dan deskriptif. Pengumpulan data yang mendalam Penelitian ini adalah survei kuesioner dan wawancara yang kemudian dianalisis menggunakan model analisis jalur. Hasil menunjukkan (1) lingkungan kerja Dampak positif yang signifikan terhadap produktivitas petani (2) Motivasi kerja jelas berpengaruh positif terhadap produktivitas petani (3) Lingkungan kerja dan motivasi kerja jelas Produktivitas petani dan (4) Motivasi kerja memoderasi variabel lingkungan Meningkatkan produktivitas petani

References

Abdillah, Irma. 2021. Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Bagian Produksi Pada CV. Surya Pelangi Kota Pekanbaru. Skripsi. Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Islam Riau Pekanbaru.

Basuki, sutrisno , 2005. Menejemen Sumber Daya Manusia; jakarta

Junianti, Ervie. 2020. Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Motivasi Terhadap Produktivitas Kerja Pegawai. Jurnal Investasi. Vol.6/No.2.Nopember2020, Hlm 110-118

Nurdjannah, Nanan. 2007. Diversifikasi Penggunaan Cengkeh, Bogor: Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pasca Panen Pertanian Indonesian Center for Agricultural Postharvest Research and Development.

Laksmiari, Ni Putu Pradita.2019. Karyawan Pada Perusahaan Teh Bunga Teratai Di Desa Patemon Kecamatan Serrit. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha. Volume 11 No. 1 Tahun 2019.

Sobandi, Ahmad. 2020. Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Jasa Kontruksi di PT Kadi International. Jurnal Manajemen & Bisnis Kreatif. Vol 5 No 2 (2020):

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : ALFABETA.

Swandewi, Ni Putu. 2022. Kompetensi, Lingkungan Kerja Dan Produktivitas Kerja Petani Sayur Di Daerah Tegallalang. Jurnal Manajemen dan Bisnis, Vol. 4 No. 1.

Tsaniya, Ainun Dinar, dkk. 2016. Pengaruh Motivasi Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Di PTPN XII Kebun Renteng AFD. Kedaton. Jurnal Agrista : Vol. 4 No.3 September 2016 : Hal. 497 – 506 Issn 2302-1713.

Victor. 2019. Pengaruh Lingkungan Dan Motivasi Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada PT. Sunan Rubber Palembang. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Palembang Fakultas Ekonomi Dan Bisnis

Wahyuni, Sri. 2018. Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja. Jurnal Warta. ISSN : 1829-7463.

Downloads

Published

2024-03-28

Issue

Section

Articles