Pengaruh Promosi Penjualan, Kualitas Pelayanan dan Citra Perusahaan terhadap Kepuasan Nasabah di LPD Desa Ringdikit

Authors

  • Putu Ayu Julia Padmi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Made Suci Universitas Pendidikan Ganesha

Keywords:

citra perusahaan, kepuasan nasabah, kualitas pelayanan, promosi penjualan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: (1) promosi penjualan terhadap kepuasan nasabah, (2) kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah (3) citra perusahaan terhadap kepuasan nasabah, dan (4) promosi penjualan, kualitas pelayanan dan citra perusahaan terhadap kepuasan nasabah. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif  kausal. Subjek dalam penelitian ini adalah nasabah di LPD Desa Ringdikit dengan objek yang digunakan yaitu promosi penjualan, kualitas pelayanan dan citra perusahaan. Populasi yang digunakan sebanyak 897 nasabah dengan pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Kriteria pertimbangan yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah telah menjadi nasabah minimal 6 bulan, sehingga didapatkan sampel sebanyak 90 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) promosi penjualan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah, (2) kualitas pelayanan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah, (3) citra perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah, dan (4) promosi penjualan, kualitas pelayanan, dan citra perusahaan secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah.

References

Dewa, Chriswardana Bayu. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Penjualan Jasa Grabcar terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Persfektif, Vol. 16, No. 1.

Fatrio, Novel. 2008. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Nasabah dalam Meningkatkan Loyalitas Nasabah (Studi Kasus: Pada PT. Bank Bukopin Kantor Cabang Tegal). Tesis Magister Manajemen pada Program Pascasarjana Universitas Udayana, Denpasar.

Harrison, Shirley. 2007. Marketers Guide To Public Relations. New York: John Willy and Son.

Kim, Young Ei and Lee Jung Wan. 2010. Relationship between Coorporate Image and Customer Loyalty in Mobile Communications Service Market. Africa Journal of Business Management. 4, PP 4035-4041.

Kotler, Philip., & Amstrong, G. 2016. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi Ke-13 Jilid. Edisi Indonesia. Alih Bahasa : Bob Sabran. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Tjiptono, Fandy. 2012. Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Yogyakarta: Andi Offset.

Zeithaml, V. A, M. J. Bitner. 1996. Service Marketing, New Jersey. The McGraw-Hill Companies, Inc.

Downloads

Published

2024-03-28

Issue

Section

Articles