Pengaruh Influencer Marketing terhadap Niat Beli yang Dimediasi oleh Kepercayaan pada Produk Skincare Merek MS Glow di Kecamatan Buleleng

Authors

  • Putu Anggi Dea Suryani Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Nyoman Yulianthini Universitas Pendidikan Ganesha

Keywords:

influencer marketing, kepercayaan, niat beli

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh influencer marketing terhadap niat beli yang dimediasi oleh kepercayaan. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif kausal. Subjek dalam penelitian ini adalah masyarakat yang ingin atau sedang membeli produk skincare merek MS Glow di Kecamatan Buleleng dengan kisaran usia 17-45 tahun. Objek pada penelitian ini adalah Influencer Marketing, Niat Beli dan Kepercayaan. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Jumlah sampel yang digunakan adalah 80 responden. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu kuesioner dan Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis). Hasil dari penelitian ini yaitu (1) influencer marketing berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap niat beli, (2) influencer marketing berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepercayaan, (3) kepercayaan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap niat beli dan (4) kepercayaan mampu memediasi secara parsial pengaruh influencer marketing terhadap niat beli pada produk skincare merek MS Glow di Kecamatan Buleleng.

References

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro : Semarang

Hayes et al., 2008. Pengaruh Influencer Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Digital Era Modern. Jurnal Eksekutif Vol 15, No.1.

Keller. 2009. Manajemen Pemasaran Jilid 1. Edisi ke 13. Jakarta : Erlangga

Nurlida, RA.2022. Pengaruh Influencer Marketing dan Online Customer Review terhadap Purchase Intention melalui Perceived Value Produk. Jurnal Ilmiah Bidang Sosial dan Ekonomi, E-ISSN : 2809-8544.

Purwanto. 2019. Pengaruh Social Media Influencer terhadap Purchase Intention yang Dimediasi oleh Trustworthiness. JUrnal Ekonomi, Vol.XXIV No.2, 10-13.

Romindo. 2019. E-commerce : Implementasi, Strategi dan Inovasinya : Yayasan Kita Menulis.

Santiago, Joanna K.2020. Consumer Attitudes Towards Fashion Influencer on Instagram : Impact of Perceptions and Online Trust on Purchase Intention. International Journal. Vol 21. No 21, 105-117.

Sugiyono.2014. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta : PT Fajar Interpratama Mandiri. Sugiyono.2017. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.Bandung:Alfabeta.

Widodo.2022. Analisis Pengaruh Costomer Review dan Influencer Review dengan Trust Sebagai Variabel Moderasi terhadap Purchase Intention E-commerce Tokopedia. E-Proceding Of Management, Vol.9, No. 3,1308.

Downloads

Published

2024-03-28

Issue

Section

Articles