Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian AC Merek Daikin pada CV. Budha Teknik Ubud

Authors

  • Sanjita Wira Tri Utama Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nengah Suarmanayasa Universitas Pendidikan Ganesha

Keywords:

Citra Merek, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian AC merek Daikin pada CV. Budha Teknik Ubud baik itu secara simultan maupun secara parsial. Rancangan penelitian ini menggunakan kuantitatif kausal. Subjek penelitian ini adalah konsumen CV. Budha Teknik Ubud dan objek dalam penelitian ini adalah citra merek, kualitas produk dan keputusan pembelian. Jumlah sampel adalah 65 responden. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah kuesioner, kemudian dianalisis dengan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. (2) kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. (3) citra merek dan kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.

References

Afrianti, Fitriana dan Ilham Oktawahyudi. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Pipa Merek Trilliun pada Toko Fria Bangunan Hiang Kabupaten Kerinci. Jurnal Indonesia Sosial Sains. Vol. 3. No. 1.

Arfah,Yenni. 2022. Keputusan Pembelian Produk. Padangsidimpuan: PT Inovasi Pratama Internasional.

Chen, Steve, dkk (2005). Industri Elektronik. Diakses pada tanggal 21 Desember 2022, dari https://profilpelajar.com/Industri_elektronik.

Daga, Rosniani. 2017. Citra, Kualitas Produk, dan Kepuasan Pelanggan. Makassar: Global Research and Consulting Institute.

Darmawan, I Gede Deva dan Komang Agus Satria Pramudana. (2022). Pengaruh Iklan Citra Merek, dan Kualitas Merek terhadap Keputusan Pembelian Kain Songket Bali. E-Jurnal Manajemn. Vol. 11. No. 2.

Da Silva dan Alwi. 2006). Cognitive, affective attributes and conative, behavioural. New York: McGraw-Hill Book Company.

Fatmaningrum, Sakti Riana, dkk. 2020. Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Minuman Frestea. Jurnal MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi), Vol. 4. No. 1.

Ferdinand, Augusty. 2006. Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk Skripsi, Tesis dan Disertasi Ilmu Manajemen. Semarang: Universitas Diponogoro.

Firmansyah, Anang. 2019. Pemasaran Prosuk dan Merek (Planning & Strategy). Surabaya: CV. Penerbit Qiara Media.

Hartono, Nomi Wahyu dan Murni Sulistyowati. (2021). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Kartu Telkomsel di Kota Surakarta. Kelola:Jurnal Bisnis dan Manajemen. Vol. 8. No. 1.

Indah, dkk. (2020). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Hand and Body Lotion Vaseline (Studi Kasus pada Mahasiswa Universitas Samudra). Jurnal Samudra Ekonomi Dan Bisnis.Vol. 11. No. 1.

Irwansyah, dkk. 2021. Perilaku Konsumen. Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung.

Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran. Edisi 11. Jakarta: PT. Indeks.

Kotler, Philip dan Gerry Armstrong. 2014. Principle Of Marketing. Edisi 15, Jilid 1. Terjemahan Bob Sabran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Keller. 2012. Manajemen Pemasaran. Edisi 12, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Lestari, Baroroh, dkk. 2013. Praktik Manajemen Pengetahuan dan Kinerja Inovasi dalam Industri Manufaktur. Malang: UB Press.

Lumbantobing, Anugrah Dermawan, dkk. (2020). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembbelian Smartphone Oppo pada PT. World Innovative Telecomunication (Oppo) Cabang Kota Medan. Jurnal Ilmiah Methonomi. Hal 57-64.

Mcpheron, Abbey. 2021. Growing Your Business: Brand Image and The Secrets to Succsess: How to Use Images to Grow Influence. New York: Independently Publised.

Razak, Mashur. 2016. Perilaku Konsumen. Makassar: Alaudin University Press.

Saputra, Rezky dan Kartika Anggraeni Sudiono Putri. (2022). Peran Harga, Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Berulang pada Produk Susu Bear Brand di Kota Malang. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Vol. 9. No. 2.

Sitorus, dkk. 2022. Brand Marketing: The Art of Branding. Bandung: CV. Media Sains Indonesia.

Stoecker, Wilbert W. F., 1996. Regristrasi dan Pengkondisiaan Udara. Terjemahan Supratman Hara. Jakarta: Erlangga.

Tjiptono, Fandy. 1997. Strategi Pemasaran. Edisi 2. Yogyakarta: Andi Offset.

Wahyuni, Sri dan Kiki Joesyiana. (2021). Pengaruh Gaya Hidup dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Oppo di Fakultas Ekonomi Universitas Islam Riau. eCo-Buss. Vol. 4. No. 1.

Winardy, dkk. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Mobil Merek Toyota Innova. International Journal of Social Science and Business. Vol. 5. No. 2.

Wardhana, Aditya, dkk. 2021. Manajemen Pemasaran. Bandung: Media Sains Indonesia.

Wirawan, I Putu Gede Agi Agata dan Ni Ketut Semiari. 2021. Pengaruh Harga, Citra Merek dan Kualitas Produk pada Keputusan Pembelian Produk Smartphone Xiaomi. E-Jurnal Manajemen. Vol. 10. No. 5.

Downloads

Published

2024-03-28

Issue

Section

Articles