Pengaruh Ekuitas Merek dan Kepuasan Konsumen terhadap Loyalitas Merek Minyak Kutus-kutus Cabang Singaraja

Authors

  • Ni Made Sriastiani Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Nyoman Yulianthini Universitas Pendidikan Ganesha

Keywords:

ekuitas merek, kepuasan konsumen, loyalitas merek

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh dari ekuitas merek dan kepuasaan konsumen baik secara parsial maupun simultan terhadap loyalitas merek Minyak Kutus-kutus Cabang Singaraja. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif kausal. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik metode non-probability sampling yaitu purposive sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 85 responden. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah dengan kuesioner dan teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil dalam penelitian ini adalah: (1) ekuitas merek dan kepuasaan konsumen berpengaruh signifikan terhadap loyalitas merek (2) ekuitas merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas merek (3) kepuasaan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas merek Minyak Kutus-kutus Cabang Singaraja.

References

Aaker, David.A. 2019. “Manajemen Ekuitas Merek”. Jakarta: Spektrum.

. 2018a “Ekuitas Merek”, Edisi Bahasa Indonesia, Mitra Utama Jakarta.

. 2018b. “Managing Brand Equity: Capitalizing on the Value of brand name”. New York: Free Press

. 2018c. “Manajemen Pemasaran”. Cetakan Pertama. Alih Bahasa Aris Ananda.Jakarta : Penerbit Mitra Utama.

Adytia Lesmana Ginting, Franz.2018. Pengaruh Ekuitas Merek dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Merek Sony Ericsson Pada Mahasiswa Fakultas Sastra Universitas Sumatera Utara. Jurnal. Sumatera Utara.

Alfionita, dkk. 2017. “Pengaruh Ekuitas Merek terhadap Keputusan Pembelian”. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB).

Alma, Buchari. 2017. “Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung”. :Penerbit Alfabeta

Amir T. 2021. Dinamika Pemasaran: Jelajahi dan rasakan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Anoraga, B.J. dan S.S. Iriani. 2020. “Pengaruh Gaya Hidup dan Kelompok Acuan terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek Samsung Galaxy”. Jurnal Bisnis dan Manajemen.

Bagir, Muhammad. 2019. “Pengaruh Ekuitas Merek Shafira Terhadap Loyalitas Merek Pada Counter Outlet Shafira Cabang Buah Batu Bandung”. Jurnal Bandung.

Durianto, Darmadi, dkk. 2017. Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Ekuitas Merek. Jakarta : Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama.

Ferdinand, A. 2019. Metodologi Penelitian Survey. Jakarta: LP3ES

Ghozali, Imam. 2019. “Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS”. Semarang : UNDIP.

. 2021, Aplikasi Analisi Multivariate Dengan Program SPSS, BP Undip Semarang.

Hasan, M. Iqbal. 2022. Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Penerbit Ghalia Indonesia : Jakarta

Umar, Husein. 2018a. Metode Penelitian. Jakarta: Salemba Empat.

. 2018b. Metode Penelitian Untuk Tesis Dan Bisnis, Jakarta: Grafindo Persada.

Irawan & Handi. 2017. 10 Prinsip Kepuasan Konsumen. Jakarta : Penerbit Elex Media Komputindo.

. 2018. Membedah Strategi Kepuasan Pelanggan. Cetakan Pertama. Jakarta : Pradnya Paramitha, Kelompok Gramedia.

Kasiram, Moh. 2018. Metodologi Penelitian. Malang: UIN-Malang Pers.

Kim, J.K., & Park. H.A, 2017. Imputation Using Response Probability, Canadian Journal of Statistics.

Kotler, Philip & Kevin Lane Keller. 2021. Manajemen Pemasaran. Edisi 12,Jilid 1. Jakarta : PT. Macanan Jaya Cemerlang.

. 2022. Marketing Management, 13th Edition. NewJersey:Pearson Education, Inc.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2018. Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Edisi 12. Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip. 2019. Manajemen Pemasaran. Prenhallindo. Jakarta.

. 2017a. Manajemen Pemasaran Edisi Kesebelas. Jakarta : PT.Indeks Kelompok Gramedia, Jakarta.

. 2017b. Manajemen Pemasaran Jilid 1 dan 2. Jakarta: Prenhallindo.

.2020. Manajemen Pemasaran. (Terjemahan) Jakarta: PT. Prenhallindo, Jilid I

. 2021. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Indeks Gramedia. Lupiyoadi, Rambat. 2021. Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi Pertama: Teori dan Praktik. Jakarta: Salemba Empat.

Moha, Sartika. Dan Sjendry. Loindong. 2017.”Analisis Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen pada Hotel Yuta di Kota Manado”. Jurnal EMBA.

Mowen, John C. dan Minor Michael. 2022. Perilaku Konsumen. AlihBahasa:Dwi Kartini Yahya. Jilid kedua. Jakarta:Erlangga.

Muzaqqi, dkk. 2017. “Pengaruh Kesadaran Merek, Kesan Kualitas, Asosiasi Merek dan Loyalitas Merek”. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB).

Rangkuti,F. 2022. The Power of Brand. Jakarta: Penerbit Gramedia Pustaka Utama.

Sahla, Hilmiatus. 2019. “Konsep Pemasaran dalam Perspektif Ekonomi Islam”. Jurnal Pionir LPPM Universitas Asaham.

Santoso, Kukuh. 2018. Pengaruh Promosi, Ekuitas Merek terhadap Kepuasan Konsumen dan Loyalitas Merek di Produk Minyak Kutus-Kutus. Sido Makmur Wlingi. Jurnal. Malang.

Schiffman, Leon G. and Kanuk. 2017. Consumer Behaviour. 9th ed. United States of America : Pearson Prentice Hall.

Singarimbun, M dan Effendi, S. 2017. Metodologi Penelitian Survey. Jakarta: LP3ES

Soehadi, A. W. 2017. Effective Branding. Quantum PT Mizan

Sugiyono, 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, dan Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta

Suharsaputra, Uhar. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif danTindakan.Bandung: PT Refika Aditama.

Sunarti, Dwi Aliyyah Apriani. 2017.” Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen”. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB).

Sunyoto, D 2018. Perilaku Konsumen, CAPS (Center of Academy Publishing Service), Yogyakarta.

Susanto, A B dan Wijarnako, Himawan. 2019. Power Branding: Membangun Merek Unggul dan Organisasi Pendukungnya. Jakarta: Mizan Publika.

Tjiptono, Fandy. 2018, Pemasaran Jasa-Prinsip, Penerapan, dan penelitian,AndiOffset, Yogyakarta.

Wasundari, I.D.A dan I.Gst.A.Kt.Gd.Suasana. 2019. “Peran Brand Equity Memediasi Pengaruh Iklan terhadap Keputusan

Pembelian Produk Kutus- kutus di kota Denpasar”. E-JurnalManajemen Unud.

Widiarini, Astri. 2018. Pengaruh Ekuitas Merek, Loyalitas Merek Terhadap Minat Beli Melalui Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intevening Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Jurnal. Malang.

Yulianto, Agus. 2018. Pengaruh Ekuitas Merek dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Merek Pada PelembabOlay. Jurnal. Malang.

Downloads

Published

2024-03-28

Issue

Section

Articles