Pengaruh Electronic Word of Mouth (E-WOM) oleh Beauty Vlogger dan Citra Merek terhadap minat Beli Lipstik Maybelline di Kota Singaraja

Authors

  • Kadek Natalia Megasari Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Luh Wayan Sayang Telagawathi Universitas Pendidikan Ganesha

Keywords:

electronic word of mouth, citra merek, minat beli

Abstract

Riset ini bermaksud guna mengetahui imbas electronic word of mouth (e-WOM) dari beauty vlogger dan brand image pada minat beli lipstik Maybelline. Imbasnya nantinya diteliti secara parsial atau serentak di Singaraja, kota. Rancangan riset ini bersifat observasional dan kuantitatif, dengan mengaplikasikan teknik regresi linier berganda. Sampel dalam riset ini ditentukan dengan mengaplikasikan metode non-probability sampling, purposive sampling, dengan jumlah responden sebanyak 100 orang. Metodologi pengumpulan statistik mengaplikasikan kuesioner yang telah divalidasi reliabilitas dan validitasnya, serta mengaplikasikan beberapa studi dari literatur. Kesimpulan dari riset ini yakni: 1. e-WOM dari beauty vlogger berimbas positif dan bermakna pada minat beli 2. Citra merek berimbas positif dan bermakna pada niat beli konsumen 3. e-WOM dari beauty blogger yang juga brand ambassador berimbas bermakna pada niat beli konsumen.

References

Aaker, David A. 2017. Manajemen Ekuitas Merek: Memanfaatkan Nilai dari Suatu Merek. Alih Bahasa oleh Aris Ananda. Jakarta: Spektrum Mitra Utama.

Ali Hasan, 2013, Marketing, Cetakan Pertama, Media Pressdindo Yogyakarta

Augusty Ferdinand. 2006. Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Basu, Swastha dan Irawan. 2001. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.

Duyen, Tran Nhu My. (2016). “Beauty Bloggers Influence on Vietnamese Young Consumers”. Thesis Degree Programme in International Business. Faculty of Business Administration, Saimaa University of Applied Sciences.

Goyette, I., Ricard, L., Bargeron, J., & Marticotte, F. (2010). e-WOM Scale: Word of Mouth Measurement Scale for e-Services Context. Canadian Journal of Administrative Sciences, 5-23.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, (2016): Marketing Management, 15th Edition New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.

Kotler, Philip., Keller, Kevin L. (2013). Manajemen Pemasaran, Jilid Kedua, Jakarta: Erlangga.

Maybelline website, 2022. Sejarah Kosmetik Maybelline. Tersedia dalam https://www.maybelline.co.id/. (diakses pada tanggal 1 Desember 2022)

Priansa, D. J. 2017. Perilaku Konsumen Dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung: CV. Alfabeta.

Putri, M. N., Listiani, E., Ip, S., & Si, M. (2014). Prosiding Manajemen Komunikasi Pengaruh Electronic Word of Mouth (e-WOM) oleh Beauty Vlogger terhadap Purchase Intention Electronic Word of Mouth (e-WOM) is Used by Beauty Vloggers and Its Effect on Purchase Intention.

Razany, R. F., & Herieningsih, W. (2021). Pengaruh Persepsi pada Electronic Word of Mouth (e-WOM) melalui Beauty Vlogger dan Citra Merek terhadap Minat Beli Produk Catrice.

Schiffman dan Kanuk. (2007). Perilaku Konsumen. Edisi Kedua. Jakarta: PT. Indeks Gramedia.

Silalahi, Ulber. 2010. Metode Penelitian Sosial. Jakarta: Refika Aditama.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutisna. (2003). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung.

Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra, (2012): Pemasaran Strategik, Yogyakarta Andi.

Top Brand Index 2019-2022. Tersedia pada: Top Brand Index Beserta Kategori Lengkap. Top Brand Award (topbrand-award.com) (diakses pada tanggal 25 november 2022).

Wulan Amalia, D., & Amanda Zuliestiana, D. (2020). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Di Media Sosial Youtube Terhadap Minat Beli Produk Kosmetik New Wardah Exclusive Series (Studi Kasus Kota-Kota Di Jawa Barat) Jurnal Mitra Manajemen (JMM Online). Destiana Wulan Amalia, 1(6), 871–884.

Youtube, 2022. Produk lipstik Maybelline yang di review oleh beauty vlogger. Tersedia pada https://www.youtube.com/results?search_query=Produk+lipstik+Maybelline+yang+di+review+oleh+beauty+vlogger. (diakses tanggal 2 Desember 2022)

Downloads

Published

2024-03-28

Issue

Section

Articles