Pengaruh Kompensasi dan Lingkungan Kerja terhadap Kepuasan Kerja Pengarajin Gerabah di Desa Penakak Kabupaten Lombok Timur

Authors

  • Mulia Ayu Hastuti Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Made Dwi Ariani Mayasari Universitas Pendidikan Ganesha

Keywords:

kepuasan kerja kompensasi, lingkungan kerja

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yakni menguji pengaruh dari kompensasi dan juga lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja pengrajin gerabah di Desa Penakak Kabupaten Lombok Timur secara simultan maupun parsial. Penelitian dirancang menggunakan pendekatan kuantitatif kausal. Penelitian ini merupakan penelitian populasi. Penelitian ini menggunakan instrumen kuisioner dengan jumlah responden 35 orang. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linear berganda. Temuan dari penelitian ini adalah (1) kompensasi dan lingkungan kerja  berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja pengrajin gerabah di desa Penakak (2) kompensasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja pengrajin gerabah di desa Penakak (3)  lingkungan kerja ikut berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja pengrajin gerabah di desa Penakak.

References

Daftar Pustaka

Apriansyah, A. (2020). Pengaruh Lingkungan Kerja dan Motivasi terhadap Kepuasan Kerja PT Sako Indah Gemilang Kota Palembang (Doctoral Dissertation, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam).

Dadang, Heri. (2017). Pengaruh kompensasi dan lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja karyawan PT Sinar Lentera Cikarang. Jurnal pengembangan wiraswasta, 71-80.

Jackson, S. (2011). Pengelolaan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Salemba empat .

Katili S, Heri P. (2021). Pengaruh kompensasi dan Lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja karyawan PT Estadana Venture Cabang Kotabunan Sulawesi Utara. Journal Competency of Business, 2777-1156.

Nancy L,P. Hendra. N. (2016). Pengaruh kompensasi dann Lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja pegawai (Studi pada PNS di kecamatan Sonder kabupaten Minahasa). EMBA, 838-848.

Nawawi, H. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Bisnis Yang Kompetitif. Yogyakarta: Gadjah Mada Univesity Press.

Robbins, S. T. (2008). Organizational Behavior (Perilaku Organisasi.Angelica D, penerjemah. Jakarta: Salemba empat.

Rut, M. Bongsu, S. (2021). Pengaruh kompensasi dan lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja karyawan PT Cipta Mandiri Wirasakti. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 2338 – 4794.

Siagian, Sondang P. (2007). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Sri L. Audilla. S. (2022). Pengaruh kompensasi dan lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja (Studi kasus pada CV Aneka Jaya) . Journal economina, 2963-1181.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D . Bandung: Alfabeta.

Supardi, I. (2003). Lingkungan Hidup Kelestariannya. Bandung: PT Alumni Rachmadi.

William & Sanny. (2022). Pengaruh kompensasi dan lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja karyawan PT Harmoni cipta sejahtera. Jurnal manajerial & kewirausahaan, 749-758.

Downloads

Published

2024-03-28

Issue

Section

Articles