Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Brand Image Terhadap keputusan Pembelian McDonald's Singaraja

Authors

  • I Nyoman Putra Karnata Universitas Pendidikan Ganesha
  • Komang Endrawan Sumadi Putra Universitas Pendidikan Ganesha

Keywords:

brand image, keputusan pembelian, kualitas pelayanan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh dari kualitas pelayanan dan brand image secara simultan maupun parsial terhadap keputusan pembelian McDonald’s Singaraja. Rancangan penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif kausal Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik metode non-probability sampling yaitu purposive sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 90 responden. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah dengan kuesioner dan teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini adalah (1) kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian McDonlad’s Singaraja, (2) brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian McDonald’s Singaraja, dan (3) kualitas pelayanan dan brand image berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian McDonald’s Singaraja.

References

Abi, Y. I. (2020). Pengaruh Brand Image Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kfc Di Kota Bengkulu. Managament Insight: Jurnal Ilmiah Manajemen Volume, 15(1), 95-107.

Apriliani, P., Tikawati, T., & Fadhilah, N. (2021, December). The Influence of Brand Image, Halal Label, and Product Quality on Kentucky Fried Chicken (KFC) Purchase Decisions. In Annual International Conference on Islamic Economics and Business (AICIEB) (Vol. 1, pp. 202-218).

Candra, F. (2018). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Suasana Toko Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Alfamart Ketintang Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (Jptn), 6(2).

Christina E Mediastika, 2013, Hemat Energi dan Lestari Lingkungan Melalui Bangunan, Yogyakarta : Penerbit Andi

Djimantoro, J., & Gunawan, V. C. (2020). Pengaruh E-Wom, Kualitas Makanan Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Di Rumah Makan Kakkk Ayam Geprek. Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa, 8(2).

Fuadi, N., Khairawati, S., & Sasono, H. (2019). Pengaruh Tata Letak Toko, Kualitas Layanan, dan Motivasi Rasional terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. At-Tauzi: Islamic Economic Journal, 19(2), 85-79.

Hanani, Z., & Ferdinand, A. T. (2017). ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS LAYANAN DAN STORE ATMOSPHERE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI CITRA RESTORAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Restoran Pondok Ijo Weleri Kendal) (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomika dan Bisnis).

Hawkins, del I., Mothersbaugh, David L., and Best, Roger J. (2007). Consumer Behavior, 10th Edition. Mc Graw Hill Australia.

Ismi Nabila, A., & Usman, O. (2021). The Influence of Price, Brand Trust, and Quality of Service on Product Purchase Decisions on E-Commerce JD. ID. ID (January 17, 2021)

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi ke 13.

Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip. 2012. Manajemen Pemasaran Edisi 13, Bahasa Indonesia Jilid 1 dan 3 Cetakan. Jakarta: Rajawali

Kotler, Philip., Keller, Kevin L. (2013). Manajemen Pemasaran, Jilid Kedua, Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2016. Marketing Managemen, 15th Edition, Pearson Education,Inc.

Marcell, L. (2019). Analisis pengaruh brand image, brand awareness, corporate social responsibility dan segmentasi pasar PT. XYZ terhadap keputusan pembelian. Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan, 3(2).

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2024-03-28

Issue

Section

Articles