Pengaruh Konformitas Teman Sebaya dan Shopping Lifestyle terhadap Pembelian Impulsif Produk Skincare pada Mahasiswi Pengguna Tokopedia
Keywords:
Konformitas Teman Sebaya, Shopping Lifestyle, Pembelian Impulsif, Peer Conformity, Impulse BuyingAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pengaruh konformitas teman sebaya dan shopping lifestyle terhadap pembelian impulsif secara simultan dan parsial. Subjek penelitian ini melibatkan mahasiswi Universitas Pendidikan Ganesha yang menggunakan Tokopedia dengan sampel sebanyak 100 orang. Sampel dipilih melalui teknik purposive sampling, dan alat ukurnya adalah skala likert. Desain pada penelitian menerapkan pendekatan kuantitatif melalui teknik analisis regresi linear berganda. Temuan penelitian mengindikasikan bahwa: (1) konformitas teman sebaya dan shopping lifestyle secara signifikan dapat memengaruhi pembelian impulsif produk skincare pada mahasiswi pengguna Tokopedia; (2) konformitas teman sebaya secara positif dan signifikan dapat memengaruhi pembelian impulsif produk skincare pada mahasiswi pengguna Tokopedia; dan (3) shopping lifestyle secara positif dan signifikan dapat memengaruhi pembelian impulsif produk skincare pada mahasiswi pegguna Tokopedia.
References
Artledia, Sihotang. 2009. Hubungan Antara Konformitas Terhadap Kelompok Teman Sebaya Dengan Pembelian Impulsif Pada Remaja. Skripsi.
Astasari, A. R., & Sahrah, A. (2006). Hubungan antara konformitas dengan perilaku membeli impulsif pada remaja putri. Fakultas Psikologi Universitas Wangsa Manggala Yogyakarta, 1-12.
Engel, J.F., Blackwell, R.D., & Miniard, P.W. (1995). Consumer Behavior. 8th Ed. Forth Worth, Texas: The Dryden Press.
Ernayanti, N. M. D., & Marheni, A. (2019). “Peran konformitas teman sebaya dan selfmonitoring terhadap impulsive buying Pada remaja madya putri di denpasar”. Jurnal Psikologi Udayana, 5(2), 226-236.
Febriani, S. F., & Purwanto, N. (2019). “Pengaruh shopping lifestyle dan fashion involvement terhadap impulse buying pada konsumen hijab butik rabbani jombang”. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 2(2), 53-62.
Febrianty, F. R. (2019). “Hubungan Antara Konformitas Teman Sebaya Dengan Impulse Buying Pada Mahasiswa Yang Membeli Produk Fashion”. Fakultas Psikologi dan Kesehatan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.
Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBL SPSS 21 (7th ed.). Universitas Diponegoro.
Gunawan, G. T., & Sitinjak, T. (2018). Pengaruh Keterlibatan Fashion Dan Gaya Hidup Berbelanja Terhadap Pembelian Impulsif (Studi Terhadap Remaja Dan Pemuda Dki Jakarta). Jurnal Manajemen, 7(2).
Japarianto, E., & Sugiharto, S. (2011). Pengaruh shopping life style dan fashion involvement terhadap impulse buying behavior masyarakat high income surabaya. Jurnal manajemen pemasaran, 6(1), 32-41.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13 Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip Dan Kevin Lane Keller. (2016). Marketing Management. Edisi 14. Harlow: Pearson Education.
Mowen, John C. Michael Minor. 2001. Perilaku Konsumen (Jilid 1) Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga.
Prastia, F. E. (2013). Pengaruh shopping lifestyle, fashion involvement dan hedonic shopping value terhadap impulse buying behaviour pelanggan toko Elizabeth Surabaya [CD-ROM] (Doctoral dissertation, Widya Mandala Catholic University Surabaya).
Putri, S. M., Ramadhani, A., & Rasyid, M. (2022). “Harga Diri dan Konformitas Terhadap Pembelian Impulsif Barang Tiruan Produk Mode pada Remaja”. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 10(1), 51-68
Rizqiyah, S. (2023). Pengaruh konformitas teman sebaya terhadap perilaku impulsive buying melalui e-commerce pada mahasiswi Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang Angkatan 2020-2022 (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).
Salam, A., & Rizqi, R. M. (2019). “Pengaruh Gaya Hidup Berbelanja dan Ketertarikan Fashion Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif pada Online Shoping” Jurnal Manajemen dan Bisnis, 2(2), 1-7.
Santrock, John W. (2014). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Salemba Humanika.
Sarwono, Sarlito. 2004. Psikologi Remaja. Jakarta: CV Rajawali.
Shofwan H. (2010). Pengaruh dimensi big five Personality Terhadap Kecenderungan Pembelian Impulsif.Universitas Sumatra Barat.
Suyanto, M. (2003). Strategi Periklanan Pada E-Commerce Perusahaan Top Dunia. Penerbit Andi.
Yulinda, A. T., Rahmawati, R., & Sahputra, H. (2022). “Pengaruh Shopping Lifestyle Dan Fashion Involvement Terhadap Impulse Buying” (Studi Kasus Pada Konsumen Toko Mantan Karyawan Kota Bengkulu). EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 10(2), 1315-1326.