Pengaruh Gaya Hidup dan Persepsi Kualitas Produk terhadap Minat Beli Smartphone Merek Samsung (Studi di Kecamatan Buleleng)
Keywords:
gaya hidup, persepsi kualitas produk, minat beli, lifestyle, perceived product quality, buying interestAbstract
Ponsel pada masa sekarang telah berperan sebagai bagian dari kehidupan duniawi masyarakat, meliputi pelajar. Tampaknya semakin populer di Indonesia diketahui berdasarkan terus bertambahnya jumlah pengguna ponsel pintar yang terlepas dari pekerjaan, gaji, atau faktor lainnya. Oleh karena itu, maksud dilakukannya studi ini adalah untuk menyelidiki hubungan antara gaya hidup dan persepsi kualitas produk terhadap minat beli. Metode penelitian yang dipergunakan bersifat kuantitatif kausal. Purposive sampling dipergunakan untuk memilih sampel penelitian ini. Jumlah responden yang digunakan adalah 110 responden. Subjek penelitian ini yaitu pemakai ponsel yang pernah atau sedang menggunakan ponsel merek Samsung dan objek penelitiannya yakni gaya hidup, kualitas produk, dan minat beli. Informasi dikumpulkan melalui kuesioner dan pencatatan laporan. Analisis regresi linier berganda dipergunakan selama analisis data. Hasil pengujian memperlihatkan bahwasanya (1) gaya hidup dan persepsi kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap minat beli, (2) gaya hidup memuat pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli, dan (3) persepsi kualitas produk memuat pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli smartphone merek Samsung bagi konsumen di Kecamatan Buleleng.
References
Anggraini, T. R. (2022). Pengaruh Gaya Hidup dan Brand Awareness terhadap Minat Beli serta Dampaknya pada Keputusan Pembelian Produk Emina (Studi pada Mahasiswa Administrasi Bisnis Angkatan 2018-2019 Universitas Mulawarman). CAPITAL: Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 5(2), 143-161.
Azhhari, R. A., & Yuliana, Y. (2021). Pengaruh Gaya Hidup Terhadap Minat Beli Smartphone Vivo Pada Masyarakat Desa Jaharun B Dusun 1 Kecamatan Galang Kabupaten Deli Serdang. JEKKP (Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Kebijakan Publik), 3(1), 25-31.
Fachruddin, M. R. I., & Anwar, M. K. (2022). Pengaruh Gaya Hidup dan Kesadaran Halal Terhadap Minat Beli Produk Fashion Pada Era New Normal di Surabaya. JURNAL EKONOMI, MANAJEMEN, BISNIS, DAN SOSIAL (EMBISS), 3(1), 1-10.
Ferdinand. 2018. Metode Penelitian Manajemen. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.
Ghozali, 2005. Analisis Multivariat dengan Program SPSS. Edisi ke-3. Badan Penerbit UNDIP. Semarang.
Henry Assael, Consumer Behavior and Marketing Action, Fifth Edition, Terjemahan Octaviani, (Yogyakarta: Salemba Empat,1995),23-24.
Kembang, L. P., dkk. (2022). Pengaruh Country of Origin dan Gaya Hidup Terhadap Minat Beli Smartphone Merek Samsung pada Konsumen di Kota Mataram. SOLID, 12(1).
Kotler, Philip dan Keller, L. K. 2016. Manajemen Pemasaran, Edisi 12 Jilid 1 & 2. Jakarta: PT. Indeks.
Novita, D., dan Yuliani, N. (2019). Analisis Customer Satisfaction Pada Transportasi Online Berbasis Android Dengan Menggunakan Metode BLACKBOX Customer. IKRA-ITH Informatika: Jurnal Komputer dan Informatika, 3(2), 76-89.
NURLIATI, N., & Mardian, I. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek Dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Produk Smartphone Xiomi Pada Duta Cell Bima. Manajemen Dewantara, 5(1), 78-92.
Pebrianti, U. P. R. (2013). Pengaruh Faktor Sosial dan Ekonomi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Blackberry (Survey pada Konsumen Berrindo Samarinda). eJournal Ilmu Komunikasi, Vol. 1, No. 1. Diakses, 27, 324-344.
Piri, G. V., Mananeke, L., & Ogi, I. (2021). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen Terhadap Smartphone Samsung Galaxy A di Chikal Celular Sukur Airmadidi. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 9(1).
Roony, C., dkk. (2020). Analisa Pengaruh Persepsi Kualitas dan Harga Terhadap Minat Beli (Case Study Integrated home protection). Indonesian Business Review, 2(1), 125-138.
Rumbiati, R., & Heriyana, H. (2020). Pengaruh Gaya Hidup dan Kemudahan Terhadap Minat Beli Mahasiswa dalam Berbelanja Online. Jurnal Aplikasi Manajemen dan Bisnis, 1(1), 57-65.
Rumbiati, R., & Heriyana, H. (2020). Pengaruh Gaya Hidup dan Kemudahan Terhadap Minat Beli Mahasiswa dalam Berbelanja Online. Jurnal Aplikasi Manajemen dan Bisnis, 1(1), 57-65.
Sadela, A. E., Purwanto, H., & Apriyanti, A. (2022, October). Minat Beli Sebagai Mediasi Pengaruh Gaya Hidup dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Ventela. In SIMBA: Seminar Inovasi Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi (Vol. 4).
Santoso, Slamet., (2013), Statistik Ekonomi Plus Aplikasi SPSS, Ponorogo: Umpo Press
Shafitri, M., Ariani, L., & Nobelson, N. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Smartphone Vivo. Konferensi Riset Nasional Ekonomi Manajemen dan Akuntansi, 2(1), 201-212.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Susanto, M. (2023). Pengaruh Fitur, Citra Merek, dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Smartphone Samsung. EMaBi: Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 2(1), 188-195.
Tamba, R. S., & Chandrika, P. G. T. (2023). Pengaruh Kualitas Produk dan Reputasi Merek Terhadap Minat Pembelian Smartphone Import Samsung Di Kota Jakarta Timur. JAMBIS: Jurnal Administrasi Bisnis, 3(1), 82-93.