Pengaruh Kemampuan Akademis, Literasi Keuangan, dan Self Control Terhadap Pengelolaan Keuangan Pribadi Mahasiswa Penerima Beasiswa Bidikmisi di Universitas Pendidikan Ganesha

Ketut Putri Kharisma Aryani, I Putu Gede Diatmika

Abstract


Pengelolaan keuangan pribadi sangat dibutuhkan oleh semua individu agar dapat melakukan pengendalian keuangan secara bijak dan terhindar dari permasalahan keuangan. Pengelolaan keuangan pribadi juga perlu diterapkan dikalangan mahasiswa untuk melatih disiplin dan konsistensi mereka dalam mengelola sumber dananya, sehingga saat mereka sudah memiliki penghasilan sendiri dan berkeluarga mereka akan terbiasa dalam mengelola keuangan dengan sehat.  Mahasiswa yang menerima beasiswa bidikmisi mempunyai tanggung jawab yang lebih tinggi karena sumber dananya berasal dari pemerintah.Penelitian ini mempunyai tujuan, yaitu agar diketahuinya pengaruh kemampuan akademis, literasi keuangan, dan self control terhadap pengelolaan keuangan pribadi serta mengetahui terdapatnya perbedaan pengelolaan keuangan pribadi antara mahasiswa ekonomi dan non ekonomi. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif, asosiatif, dan komparatif. Anggota sampel sebanyak 214 mahasiswa penerima Beasiswa Bidikmisi angkatan 2016. Peneliti mengumpulkan data menggunakan kuesioner yang disebarkan secara online malalui Google Form. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS versi 25.0 for windows.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan akademis, literasi keuangan, dan self control mempunyai pengaruh secara signifikan dan arah yang positif terhadap pengelolaan keuangan pribadi dan terdapat perbedaan pengelolaan keuangan pribadi antara mahasiswa ekonomi dan non ekonomi. Penelitian ini berimplikasi bahwa mahasiswa penerima Beasiswa Bidikmisi di Undiksha diharapkan dapat meningkatkan pemahaman keuangan, sehingga akan memudahkan mahasiswa untuk mengelola keuangan pribadinya dan bisa menggunakan sumber dana terbatasnya tersebut dengan bijak. 

 


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jimat.v11i2.25944

Article Metrics

Abstract view : 192 times
PDF file view : 136 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by :


Universitas Pendidikan Ganesha



Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akutansi Undiksha indexed by:

 Crossref Indeksasi GarudaAkreditasi SINTA 5


Creative Commons License
 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akutansi Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.