Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Akuntansi Terhadap Profesi Akuntan Publik

Authors

  • Warna Dwi Safitri Program Studi S1 Akuntansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Stikubank Semarang, Indonesia
  • Ceacilia Srimindarti Program Studi S1 Akuntansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Stikubank Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v13i03.43110

Keywords:

Minat Mahasiswa, Gender, Penghargaan Finansial, Pertimbangan Pasar Kerja

Abstract

This study aims to analyze and examine the influence of the factors that influence the interest of accounting students in the public accounting profession. The sample taken in this study used the convenience sampling method. The sample in this study amounted to 100 respondents from accounting students for the 2018-2020 class. The results of this study explain that financial rewards and labor market considerations have a significant positive effect on student interest as a public accounting profession, while gender does not affect student interest as a public accounting profession.


Keywords : Student Interests, Gender, Financial Rewards, Job Market Considerations

References

Aditya, E. M. (2009, September). Perbedaan Persepsi Gender. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Manggala, Vol. 11, No.2, 129 - 139.

Ajzen, I. (2006, Januari). Constructing a TPB Questionnaire. Conceptual and Methodological Considerations.

Ardianto,, N. (2014). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Akuntansi Terhadap Pemilihan Karir Akuntan Atau Non Akuntan. Semarang: Skripsi.

Astasari, A. (2018). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Akuntansi Memilih Berkarir Sebagai Akuntan Publik (Studi pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi di Universitas Islam Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta) [Universitas Islam Indonesia]. Retrieved from Yogyakarta) [Universitas Islam Indonesia]: https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Cosynook. (2013.). “Teori Minat”. Dipetik November 15, 2021, dari cosynook.wordpress.com.: https://cosynook.wordpress.com/2013/02/14/teori-minat/

Dippa, F. A., Mendra, N. Y., & Bhegawati, D. y. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Berkarir Menjadi Akuntan Publik (Studi Kasus Pada Universitas Mahasaraswati Denpasar). Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mahasaraswati Denpasa.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 (9th ed.). Badan Penerbit Universitas Dipenogoro.

Hapsoro , D., & Hendrik, D. T. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Akuntansi Berkarir Sebagai Akuntan Publik (Studi Kasus Terhadap Mahasiswa Akuntansi STIE YKPN Yogyakarta). Akuntansi Dewantara, Vol 2 No 2.

Hasibuan, A. B., & Aditya, M. R. (2020). Pengaruh Persepsi, Gender dan Tipe Kepribadian Mahasiswa Terhadap Pemilihan. Wacana Ekonomi, Volume 19, 43–57.

Rivai, V. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan: dari Teori ke Praktik. Jakarta: Raja Grafindo.

Robbins, P. S. (2017). Organizational Behaviour, (Edisi 13 ed.). Jakarta: Salemba Empat.

Warsitasari, I. A., & Astika, I. B. (2017). Pengaruh Motivasi, Persepsi, Penghargaan Finansial, Pasar Kerja dan Pengakuan Profesional Pada Pemilihan Karir Akuntan Publik. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, Vol.21.3.

Wibowo, E. T. (2020). Pengaruh Penghargaan Finansial, Pertimbangan Pasar Kerja Dan Pelatihan Profesional Terhadap Pemilihan Karir Akuntan. Jurnal Akuntansi Bisnis Pelita Bangsa, Vol 5 No. 2.

WS, F. S., & Soliha, E. (2015). Pengaruh Persepsi Harga, Citra Perusahaan, dan Citra Merek terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan pada Apotik” Dela” di Semarang. Proceeding Fakultas Ekonomi, Universitas Stikubank.

Downloads

Published

2022-10-10