Pengaruh Ukuran Perusahaan, Good Corporate Governance Dan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Tahun 2018-2020

Authors

  • Rizky Paramitha Shaumi Program Studi S1 Akuntansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Stikubank Semarang, Indonesia
  • Ceacilia Srimindarti Program Studi S1 Akuntansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Stikubank Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v13i04.47991

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis terkait ukuran perusahaan, good corporate governance, dan corporate social responbility terhadap nilai perusahaan. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2018-2020. Metode pengambilan sampel yang digunakan  pada penelitian ini yaitu menggunakan teknik purposive sampling dan mendapatkan sampel sebanyak 234 perusahaan. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menemukan bahwa ukuran perusahaan dan kepemilikan institusional berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan, sedangkan kepemilikan manajerial berpengaruh negatif signifikan terhadap nilai perusahaan. Akan tetapi corporate social responsibility tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan.

Downloads

Published

2022-12-30