PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, DAN LEVERAGE TERHADAP MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI)

Authors

  • I Ketut Gunawan .
  • Nyoman Ari Surya Darmawan, S.E., Ak. .
  • I Gusti Ayu Purnamawati, S.E. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v3i1.5272

Abstract

Manajemen laba adalah suatu kondisi dimana manajemen melakukan intervensi dalam proses penyusunan laporan keuangan bagi pihak eksternal sehingga dapat meratakan, menaikkan, dan menurunkan laba. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas, dan leverage terhadap manajemen laba pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Pemilihan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling. Data yang digunakan adalah data sekunder. Metode analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Populasi data dalam penelitian ini adalah semua perusahaan manufaktur yang terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia (BEI) periode tahun 2009-2013 sejumlah 131 perusahaan. Sampel sejumlah 18 perusahaan. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial ukuran perusahaan, profitabilitas, dan leverage tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap manajemen laba. Secara simultan ukuran perusahaan, profitabilitas, dan leverage tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap manajemen laba.
Kata Kunci : Ukuran, Profitabiltas, Leverage, Laba

Profit management is a condition in which the management interferes with the process of the financial statement compilation for external parties so that profit can be equalized, increased, and decreased. This present study was intended to analyze the impact of the firm’s size, profitability, and leverage on the profit management of the manufacturers registered at the Indonesia’s Stock Exchange. This present study is a quantitative one. The samples were chosen using the sampling purposive method. The secondary data were used, and were analyzed using the multiple regression analysis method. The population included all the manufacturers registered at the Indonesia’s Stock Exchange from 2009 to 2013, totaling 131. The samples totaled 18 manufacturers. The result of the study showed that partially the firm’s size, profitability, and leverage did not significantly affect the profit management. Simultaneously, the firm’s size, profitability, and leverage did not significantly affect the profit management either.
keyword : Size, Profitability, Leverage, Profit

Published

2015-07-22

Issue

Section

Articles