PENGARUH MOTIVASI TERHADAP MINAT MAHASISWA AKUNTANSI UNTUK MENDAFTAR PROGRAM PENDIDIKAN PROFESI AKUNTANSI (PPAK) Studi Pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Pendidikan Ganesha

Authors

  • Sayyidul Azmi .
  • Nyoman Trisna Herawati, SE.AK,M.Pd. .
  • Anantawikrama Tungga Atmadja,SE,Ak.,M. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v3i1.6197

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris mengenai pengaruh motivasi kualitas, pengaruh motivasi karir, pengaruh motivasi ekonomi, dan pengaruh motivasi gelar mengikuti PPAK. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer yang diperoleh dari kuesioner dan diukur menggunakkan skala likert. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Random, dengan bantuan rumus Slovin. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan akuntansi semester tujuh di Universitas Pendidikan Ganesha. Jumlah samapel yang digunakan sebanyak 80 mahasiswa. Teknik analisis data menggunakan metode regresi linier berganda dengan dibantu oleh program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi kualitas berpengaruh positif terhadap minat mengikuti PPAK, motivasi karir berpengaruh positif terhadap minat mengikuti PPAK, motivasi ekonomi berpengaruh positif terhadap minat mengikuti PPAK, dan motivasi gelar berpengaruh psitif terhadap minat mengikuti PPAK. Mahasiswa perlu memperhatikan mengenai motivasi kualitas, motivasi karir, motivasi ekonomi dan motivasi gelar agar bisa meningkatakan minat mengikuti PPAK, sehingga memperoleh gelar profesi Akuntan (AK).
Kata Kunci : motivasi kualitas, motivasi karir, motivasi ekonomi, motivasi gelar dan minat

This present study is intended to obtain empirical evidence concerning the impact of the motivation of quality, the impact of the motivation of career, the impact of economic motivation, and the impact of academic degree on the interest in joining the Educational Program of Accounting Profession ‘Program Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAK)’. The samples of the study were randomly determined using the Slovin formula, and included the accounting students of the seventh semester of Ganesha University of Education, totaling 80. The data were analyzed using the multiple linear regression method, supported with SPSS program. The result of the study showed that the motivation of quality, the motivation of career, the economic motivation, and the motivation of career positively contributed to the students’ interest in joining the PPAK. It is necessary for the students to pay attention to the motivation of quality, the motivation of career, the motivation of career, and the economic motivation in order to attain the academic degree AK.
keyword : motivation of quality, motivation of career, economic motivation, motivation of academic degree, and interest

Published

2015-11-05

Issue

Section

Articles