ANALISA SISTEM PEMBAYARAN PREMI ASURANSI SECARA ONLINE TERHADAP KINERJA AGENSI PADA AJB BUMIPUTERA 1912 KANTOR CABANG DENPASAR UBUNG
DOI:
https://doi.org/10.23887/jimat.v7i1.9413Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui latar belakang penerapan sistem pembayaran premi asuransi secara online pada AJB Bumiputera 1912 Kantor Cabang Denpasar Ubung, (2) mengetahui proses sistem pembayaran premi asuransi pada AJB Bumiputera 1912 Kantor Cabang Denpasar Ubung, (3) mengetahui implikasi kinerja agensi terhadap penerapan sistem pembayaran premi asuransi secara online pada AJB Bumiputera 1912 Kantor Cabang Denpasar Ubung. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, dokumentasi dan observasi yang selanjutnya dilakukan analisis data dengan model analisis interaktif melalui tiga tahapan yaitu (1) reduksi data, (2) penyajian data, (3) menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) latar belakang penerapan sistem pembayaran premi asuransi secara online dikarenakan adanya ketidakberesan dengan sistem yang lama, untuk meraih kesempatan (opportunities), dan adanya intruksi dari pemerintah, (2) proses sistem pembayaran premi secara online sudah cukup baik dan mampu meningkatkan kinerja, informasi yang lebih berkualitas, penurunan biaya transportasi, kontrol keamanan keuangan, efisiensi kerja terhadap operasional, dan peningkatan pelayanan perusahaan, (3) implikasi kinerja agensi terhadap penerapan sistem pembayaran premi secara online berdampak pada efisiensi kinerja agen dalam pemungutan pembayaran premi, tetapi agen harus lebih cerdas lagi dalam mensosialisasikan pembayaran premi secara online kepada para pemegang polis.Kata Kunci : Sistem Pembayaran, Premi, Efisiensi Kinerja
This study was aimed at finding out (1) the background of the implementation of online insurance premium payment system in AJB Bumiputra 1912 of Denpasar Ubung Branch Office, (2) the process of insurance premium payment system in AJB Bumiputra 1912 of Denpasar Ubung Branch Office, (3) the implication of the online premium payment system on agency performance in AJB Bumiputra 1912 of Denpasar Ubung Branch Office. This study was done by using qualitative descriptive method and the data were collected through interview, documentation and observation. Then the data were analyzed by interactive analysis model through three stages, i.e., (1) data reduction, (2) data display and (3) conclusion drawing. The results showed that (1) the background of the implementation of online insurance premium payment was the problem faced in using the old system, to reach opportunities and the directive by the government; (2) the online insurance premium payment system is good enough and makes it easy to implement and control. It also makes improve performance, better information quality, decrease in transportation costs, control of financial security, operational efficiency, and enhanced customer service, (3) the online insurance premium payment system has an impact on the efficiency of the agents’ performance in collecting premium payment, but the agents have to be more intelligent in socializing online premium payment to insurance policy holders.
keyword : Payment System, Premium, Job Efficiency
Published
2017-02-21
Issue
Section
Articles