PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN, KEPERCAYAAN, DAN PENGETAHUAN TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN E-BANKING DALAM BERTRANSAKSI PADA UMKM DI KECAMATAN BULELENG
DOI:
https://doi.org/10.23887/jimat.v9i3.20463Abstrak
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi kemudahan penggunaan, kepercayaan, dan pengetahuan terhadap minat menggunakan E-Banking dalam bertransaksi pada UMKM di Kecamatan Buleleng. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan adalah Pelaku UMKM di Kecamatan Buleleng. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode purposive sampling, dengan menggunakan sampel sebanyak 120 pelaku UMKM. Data diperoleh dari penyebaran kuesioner secara langsung kepada responden. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, uji kualitas data, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis dengan bantuan program SPSS versi 16 for windows Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) persepsi kemudahan penggunaan berpengaruh positif terhadap minat menggunakan E-Banking dalam bertransaksi pada UMKM, (2) kepercayaan berpengaruh positif terhadap minat menggunakan E-Banking dalam bertransaksi pada UMKM, (3) pengetahuan berpengaruh positif terhadap minat menggunakan E-Banking dalam bertransaksi pada UMKM, dan (4) persepsi kemudahan penggunaan, kepercayaan, dan pengetahuan berpengaruh bersama-sama terhadap minat menggunakan E-Banking dalam bertransaksi pada UMKM.
Kata kunci: E-Banking, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan, Pengetahuan, UMKM