Pengaruh Citra Perbankan Terhadap Keputusan Nasabah dalam Mengambil Kredit dengan Pelayanan dan Prosedur Kredit Sebagai Variabel Moderating

Authors

  • Putu Krisna Govinda Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gusti Ayu Purnamawati

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v11i3.26478

Keywords:

Banking Image, Decision To Take Credit, Service, Credit Procedure

Abstract

This study aims to determine the effect of banking image on customer decisions in taking credit and the influence of banking image on customer decisions in taking credit with credit services and procedures as a moderating variable at PT. BPR Kanaya. This type of research is quantitative research. The population used is all customers who take credit at PT. BPR Kanaya. The sampling technique in this study used the simple random sampling method, with a sample of 139 customers. The data source used is primary data. Data analysis in this research uses descriptive analysis, data quality test, classic assumption test, and hypothesis testing with the help of SPSS program version 23.0. The results showed (1) the banking image had a positive and significant effect on the customer's decision to take credit, (2) the service was able to moderate the influence of the banking image on the customer's decision to take credit, and (3) the credit procedure was able to moderate the influence of the banking image on customer decisions in take kredi

References

Amalia, Fatin Fitra. 2014. Pengaruh Gaji, Suku Bunga, Pelayanan, dan Prosedur Terhadap Keputusan Pengambilan Kredit Pada Nasabah Bank Jateng Cabang Kudus. Skripsi. Universitas Muria Kudus.

Astuti, Fitri. 2016. Pengaruh Citra Bank Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah Di PD. BPR Bank Pasar Kulon Progo. Skripsi. Universitas PGRI Yogyakarta.

Boediono. 1999. Pelayanan Prima. Jakarta: Yayasan Kawita Indonesia.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hasibuan, Malayu. 2006. Dasar-dasar Perbankan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Kotler Philip & Gary Armstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kuncoro, Mudrajad & Suhardjono. 2002. Manajemen Perbankan Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: BPFE.

Lumpiyoadi, Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa: Teori dan Praktik. Jakarta: Salemba Empat.

Aprinita, Lyya. 2015. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Lokasi, dan Prosedur Kredit Terhadap Keputusan Nasabah dalam Mengambil Kredit (Studi Kasus pada BPR Budi Utomo Artha Mandiri Kras). Skripsi. Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Nugroho, Dedi Wahyu. 2012. Pengaruh Lokasi, Pelayanan dan Prosedur Kredit Terhadap Keputusan Nasabah dalam Mengambil Kredit pada PD. BPR Boyolali. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Purnamawati, I. G. A. (2014). Analisis Komparatif Kinerja Keuangan Perbankan ASEAN Setelah Krisis Global. Jurnal Keuangan Dan Perbankan, 18(2), 287–296

.

Purnamawati, I. G. A., & Werastuti, D. N. S. (2013). Faktor Fundamental Ekonomi Makro Terhadap Harga Saham LQ45. Jurnal Keuangan Dan Perbankan, 17(2), 211–219.

Purnamawati, I. G. A., & Yuniarta, G. A. (2016). Pengaruh Psychological Empowerment, Empowering Leadership, Sistem Pengukuran Kinerja Terhadap Motivasi Intrinsik First-Line Employees Perbankan. Jurnal Keuangan Dan Perbankan, 20(3), 507–517.

Putra, Muvika Perdana. 2015. Pengaruh Citra Perbankan Terhadap Keputusan Nasabah dalam Mengambil Kredit dengan Pelayanan dan Prosedur Kredit Sebagai Variabel Moderating Pada PD BPR Bank Bantul. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Testianingtyas, Sisilia. 2019. Analisis Pengaruh Prosedur Kredit, Lokasi, Citra BPR dan Bunga Kredit Terhadap Keputusan Pengambilan Kredit Harmoni Tepat Guna di BPR Nusamba Cepiring, Kendal. Skripsi. Fakultas Ekonomika dan Bisnis. Universitas Diponegoro.

Downloads

Published

2020-12-31

Issue

Section

Articles