Pengaruh Penggunaan Tapping Box dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan dengan Pemahaman Penggunaan Sistem Online Sebagai Variabel Pemoderasi (Studi Pada Wajib Pajak Hotel Yang Terdaftar di BPKAD Kabupaten Karangasem)

Penulis

  • I Putu Arya Dirghayusa
  • I Nyoman Putra Yasa

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v11i3.27015

Kata Kunci:

Use of Tapping Box, Awareness of Taxpayers and Understanding of Using the Online System

Abstrak

This study aims to determine the use of tapping boxes and taxpayer awareness of compliance with understanding the use of online systems as moderating variables. This research is a type of quantitative research with a descriptive approach. The population and sample in this study are hotel taxpayers registered in BPKAD Karangasem Regency. The method of determining the sample used is simple random sampling technique, with a total sample of 221. Data used in this study are primary data collected through questionnaires to HRD Hotel Managers in Karangasem Regency. Furthermore, the data collected was tested by multiple linear regression analysis, T test, and interaction test (MRA). The results showed that the variable use of tapping boxes partially had a significant positive effect on hotel taxpayer compliance, the variable of taxpayer awareness did not have a significant positive effect on taxpayer compliance, and the understanding of the use of an online system weakened the relationship between the use of tapping boxes and taxpayer awareness of compulsory compliance hotel tax

Referensi

Alfioreta, Nindy. 2016. Pengaruh Penerapan Sistem E-Faktur Terhadap Kepatuhan Pengusaha Kena Pajak Dengan Pemahaman Internet Sebagai Variabel Moderasi (Studi Empiris pada Pengusaha Kena Pajak yang Terdaftar Menggunakan e- Faktur Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jember). Skripsi, Universitas Jember.

Alhusain, dkk. 2017. Kebijakan dan Strategi Peningkatan Pendapatan Asli Daerah dalam Pembangunan Nasional . Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia

Arisandy, Nelsy. 2017. Pengaruh Pemahaman Wajib Pajak, Kesadaran Wajib Pajak, Dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Yang Melakukan Kegiatan Bisnis Online Di Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 14.1: 1.

Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan Aset Daerah. 2014. “Pendapatan Asli Daerah Sebagai Cerminan Ekonomi Daerah”. Tersedia pada https://bppkad.grobogan.go.id/info/berita/15-pendapatan-asli-daerah-sebagai-cerminan-ekonomi-daerah (diakses tanggal 30 Mret 2020).

Brata, J. D., Yuningsih, I., &Kesuma, A. I. (2017). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pelayanan Fiskus, dan Sanksi Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi yang Melakukan Kegiatan Usaha dan Pekerjaan Bebas di Kota Samarinda The Effect of Taxpayer Awareness, Fiscal Services, and Tax Sanctions on. Forum Ekonomi, 19 (1), hlm. 69–81.

DeLone, William H. dan Ephraim R. McLean. (2003). The DeLone and McLean Model of Information Systems Success: A TenYear Update. Journal of Management Information Systems/Spring 2003, Vol. 19 No. 4, pp. 9-30.

Freeze, Ronald D., Peggy Lane, dan Khaled Alshare. (2015). IS Success Model in ELearning Context Based on Students’ Perceptions. Journal of Information Systems Education, Vol. 21 (2), pp. 173- 184.

Hardiningsih, Pancawati. 2011. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kemauan Membayar Pajak. Jurnal Dinamika Keuangan dan Perbankan Vol. 3 (1) hlm:126-142.

Ismail, Tri Julianti Fatima. 2017. Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Upaya Pemenuhan Kewajiban Pajak Kendaraan Bermotor Di Kota Makasar. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Makassar: Universitas Hasanuddin.

Jotopurnomo, C., & Mangoting, Y. (2013). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan Fiskus, Sanksi Perpajakan, Lingkungan Wajib Pajak Berada Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di Surabaya. Tax & Accounting Review, 1(1), hlm. 51

Nugroho, Aditya, dkk. 2016. Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak Dan Pengetahuan Perpajakan Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Penghasilan. Journal of Accounting, Volume 2, Nomor 2

Nurhidayah, Sari. 2015. Pengaruh Penerapatan Sistem E – Filling Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dengan Pemahaman Internet Sebagai Variabel Pemoderasi Pada KPP Pratama Klaten. Skripsi, Unversitas Negeri Yogyakarta.

Pemerintah Kota Tangerang. 2019. “Tingkatkan Pendapatan Pemasangan Tapping Box Diperbanyak”. Tersedia pada https://tangerangkota.go.id/tingkatkan-pendapatan-pemasangan-tapping-box-diperbanyak. (diakses tanggal 25 Februari 2020).

Peraturan Daerah Kota Bandar Lampung No. 06 Tahun 2018 tentang Sistem Pembayaran Pajak Daerah Secara Elektronik (E-Billing).

Pratiwi, Ni Putu Mitha dan Ni Ketut Lely Aryani. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kewajiban Moral, Sanksi Pajak dan Tapping Box pada Kepatuhan Wajib Pajak Hotel. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, Volume 26 , Nomor 2 (hlm. 1357-1385)

Seddon, Peter B. (1997). A Respecification and Extension of the DeLone and McLean Model of IS Success. Information System Research of Institute for Operations Research and the Management Sciences/September 1997, Vol. 8 No. 3, pp. 240-253.

Susanti, Agnes Ani. 2019. Pemanfaatan Tapping Box Untuk Menekan Kecurangan Pelaporan Pendapatan Kena Pajak (Kasus Pajak Restoran Di Kabupaten Semarang). Disertasi, Universitas Katolik Soegijapranata.

Thompson, R. L., Higgins, C. A., dan Howel, J. M. (1991). Personal Computing: Toward a Conceptual Model of Utilization. Management Information System Quartely, 15, 125- 143.

Yasa, I. N. P., & Prayudi, M. A. (2019). Nilai-nilai etika berbasis kearifan lokal dan perilaku kepatuhan perpajakan. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 22(2), 361–390.

Diterbitkan

2020-12-31

Terbitan

Bagian

Articles