Pengaruh Strategi Dollar Cost Averaging, Persepsi Risiko, dan Bandwagon Effect terhadap Minat Berinvestasi Saham pada Mahasiswa S1 Akuntansi Undiksha

Penulis

  • Rizki Hidayahti Santoso
  • Luh Gede Kusuma Dewi Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v13i04.37300

Kata Kunci:

minat, strategi DCA, persepsi risiko, bandwagon effect

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi dollar cost averaging (DCA), persepsi risiko, dan bandwagon effect terhadap minat berinvestasi saham pada mahasiswa S1 Akuntansi Universias Pendidikan Ganesha. Penelitian menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan data primer yang diperoleh dari data kuesioner online yang diukur dengan skala likert. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 251 responden. Data penelitian ini dianalisis menggunakan analisis regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS 25.

Hasil penelitian ini menyatakan bahwa (1) variabel strategi DCA berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berinvestasi saham pada mahasiswa S1 Akuntansi Undiksha, (2) persepsi risiko berpengaruh negatif dan signifikan terhadap minat berinvestasi saham pada mahasiswa S1 Akuntansi Undiksha, (3) bandwagon effect berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berinvestasi saham pada mahasiswa S1 Akuntansi Undiksha.

Diterbitkan

2022-12-30