Pengaruh Strategi Dollar Cost Averaging, Persepsi Risiko, dan Bandwagon Effect terhadap Minat Berinvestasi Saham pada Mahasiswa S1 Akuntansi Undiksha
DOI:
https://doi.org/10.23887/jimat.v13i04.37300Kata Kunci:
minat, strategi DCA, persepsi risiko, bandwagon effectAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi dollar cost averaging (DCA), persepsi risiko, dan bandwagon effect terhadap minat berinvestasi saham pada mahasiswa S1 Akuntansi Universias Pendidikan Ganesha. Penelitian menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan data primer yang diperoleh dari data kuesioner online yang diukur dengan skala likert. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 251 responden. Data penelitian ini dianalisis menggunakan analisis regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS 25.
Hasil penelitian ini menyatakan bahwa (1) variabel strategi DCA berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berinvestasi saham pada mahasiswa S1 Akuntansi Undiksha, (2) persepsi risiko berpengaruh negatif dan signifikan terhadap minat berinvestasi saham pada mahasiswa S1 Akuntansi Undiksha, (3) bandwagon effect berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berinvestasi saham pada mahasiswa S1 Akuntansi Undiksha.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Undiksha
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.