Pengaruh Lokasi Usaha, Lama Usaha dan Tingkat Penjualan Terhadap Profitabilitas UMKM Pasca Revitalisasi di Pasar Seni Sukawati
DOI:
https://doi.org/10.23887/jimat.v14i02.52084Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lokasi usaha, lama usaha, dan tingkat penjualan terhadap profitabilitas UMKM pasca revitalisasi di Pasar Seni Sukawati. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan korelasional yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan variabel yang terkait dalam suatu objek atau subjek yang diteliti. Teknik penentuan sampel menggunakan purposive sampling dan penentuan jumlah responden menggunaakan perhitungan rumus Isaac & Michael. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 861 dan sampel sebanyak 270 responden. Data diperoleh melalui kuesioner yang disebar secara online melalui google form dan secara offline sesuai dengan kriteria yang telah tercantum dalam penelitian ini. Data yang diperoleh selanjutnya diuji dan dianalisis melalui SPSS dengan metode uji kualitas data, uji asumsi klasik, dan uji regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Variabel lokasi usaha berpengaruh positif signifikan terhadap profitabilitas UMKM hal ini dilihat dari nilai signifikansi dan thitung. (2) Variabel lama usaha berpengaruh positif signifikan terhadap profitabilitas UMKM hal ini dilihat dari nilai signifikansi dan thitung. (3) Variabel tingkat penjualan berpengaruh positif signifikan terhadap profitabilitas UMKM hal ini dilihat dari nilai signifikansi dan thitung. (4) Variabel lokasi usaha, lama usaha, dan tingkat penjualan menunjukkan bahwa sig. < α = 0,000 < 0,05, dan nilai Fhitung>Ftabel = 86,348 > 2,638 sehingga lokasi usaha, lama usaha, dan tingkat penjualan berpengaruh secara simultan terhadap profitabilitas UMKM di Pasar Seni Sukawati.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Undiksha
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.