Pengaruh Sales Growth, Net Profit Margin, Dan Price Earning Ratio Terhadap Return Saham

Studi pada Perusahaan Property dan Real Estate yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia

Penulis

  • Ketut Desi Trisna Hari Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Made Pradana Adiputra Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v15i01.53036

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Sales Growth, Net Profit Margin, dan Price Earning Ratio terhadap Return Saham studi pada perusahaan Property dan Real Estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif yang diperoleh dari data sekunder dengan menggunakan studi dokumentasi sebagai metode pengumpulan data. Jumlah sampel data yang diguanakan sebanyak 62 perusahaan dengan kategori data time series selama 2 tahun yaitu data tahun 2019 sampai dengan tahun 2020 dengan purposive sampling sebagai metode pengambilan sampel. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan analsiis regresi linear berganda dengan bantuan program aplikasi statisti SPSS (Statistic Package For Social Science). Berdasarkan analisis data dan pembahasan penelitian dapat disimpulkan bahwa secara parsial Sales Growth dan Net Profit Margin tidak berpengaruh signifikan terhadap Return Saham. Sedangkan Price Earning Ratio secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Return Saham. Hasil analisis simultan menunjukan bahwa Sales Growth, Net Profit Margin, dan Price Earning Ratio secara Bersama-sama memiliki pengaruh positf dan signifikan terhadap Return Saham.

Kata kunci: Sales Growth, Net Profit Margin, Price Earning Ratio, dan Return Saham.

Diterbitkan

2024-04-03