Pengaruh Literasi Keuangan, Persepsi Return dan Investasi Digital terhadap Pengelolaan Keuangan Pribadi pada Generasi Z
DOI:
https://doi.org/10.23887/jimat.v15i03.78553Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan, persepsi return dan investasi digital terhadap pengelolaan keuangan pribadi pada generasi Z. Penelitian dilakukan di Universitas Pendidikan Ganesha. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuntitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan menggunakan kriteria tertentu. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah pengelolaan keuangan pribadi, sedangkan variabel independen dalam penelitian ini adalah literasi keuangan, persepsi return dan investasi digital. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Data dikumpulkan melalui instrumen penelitian berupa kuisioner. Data yang dikumpulkan akan diolah menggunakan aplikasi analisis SPSS versi 23 dan akan dilakukan Uji statistik deskriptif, uji instrumen penelitian, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa literasi keuangan berpengaruh positif signifikan terhadap pengelolaan keuangan pribadi, persepsi kembali tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap pengelolaan keuangan pribadi dan investasi digital berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap pengelolaan keuangan pribadi.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Undiksha
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.