FAKTOR-FAKTOR STRATEGI PEMASARAN YANG MEMPENGARUHI KINERJA KEUANGAN DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN OLEH KONSUMEN

Authors

  • Komang Erna Januartini .
  • I Gusti Ayu Purnamawati, S.E. .
  • Nyoman Trisna Herawati, SE.AK,M.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v5i2.7989

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor strategi pemasaran yang mempengaruhi kinerja keuangan dan keputusan pembelian oleh konsumen. Subjek dalam penelitian ini adalah konsumen yang melakukan pembelian di UD Karya Dharma Ukir. Sedangkan objeknya adalah keputusan konsumen serta strategi produk, harga, tempat, promosi dan kualitas pelayanan yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam melakukan pembelian di UD Karya Dharma Ukir. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Adapun metode pengumpulan data yang dipergunakan adalah Kuesioner (angket). maka analisis yang akan digunakan dalam penelitian ini ada tiga, yaitu (1) Uji Kualitas Data, (2) Analisis Kinerja Keuangan, (3) Analisis Faktor. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa, (1) Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian pada UD Karya Dharma Ukir yaitu faktor bauran pemasaran meliputi faktor promosi sedangkan faktor kualitas layanan yaitu faktor kehandalan. (2) Kinerja keuangan UD Karya Dharma Ukir secara keseluruhan berada pada kategori cukup baik dimana Current Ratio berada pada kategori sangat baik (611,43%), rasio solvabilitas berada pada kategori kurang baik (62,46%) dan rasio rentabilitas modal sendiri berada pada kategori cukup baik (11,24%).
Kata Kunci : Faktor-faktor yang mempengaruhi pemasaran, kinerja keuangan

This study aims to determine the factors that affect the performance of the marketing strategy of financial and purchasing decisions by consumers . Subjects in this study is that consumers who make purchases at UD Karya Dharma Carve. While the object is the consumer's decision as well as the strategies of product, price , place , promotion and quality of services that affect consumers in making purchasing decisions at UD Karya Dharma Carve. The data used in this study are primary data and secondary data . The data collection method used is Questionnaire (questionnaire ) . then the analysis will be used in this research are three: ( 1 ) Test Data Quality , ( 2 ) Financial Performance Analysis , ( 3 ) Analysis of factors . The results of this study show that , ( 1 ) the factors that influence purchase decisions on Dharma Karya UD Carving ie marketing mix factors include promotional factors while service quality factor is the reliability factor . ( 2 ) The financial performance of UD Karya Dharma Carving overall are in good enough category where the current ratio is at a very good category ( 611.43 % ) , the solvency ratio was in the unfavorable category ( 62.46 % ) and the profitability ratio of equity capital to be in good enough category ( 11.24 % ) .
keyword : Factors that influence the marketing, financial performance

Published

2016-07-27

Issue

Section

Articles