PERSEPSI FISKUS DAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI (WPOP) TERHADAP PENERAPAN E-BILLING PADA KANTOR PELAYANAN PAJAK (KPP) PRATAMA SINGARAJA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jimat.v7i1.9719Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi fiskus dan wajib pajak orang pribadi (WPOP) terhadap penerapan e-Billing diukur melalui persepsi kebermanfaatan e-Billing, persepsi kemudahan penggunaaan e-Billing, dan persepsi mninat perilaku penggunaan e-Billing. Sampel penelitian untuk fiskus berjumlah 45 dan wajib pajak orang pribadi (WPOP) berjumlah 100, yang ditentukan dengan metode purposive sampling dan incidental sampling. Jenis data yang digunakan adalah data primer berupa wawancara dan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji realibilitas, dan crosstabulasi dengan bantuan program SPSS 16.00. Hasil penelitian menunjukkan adanya respon positif dari persepsi fiskus dan wajib pajak orang pribadi (WPOP) terhadap penerapan e-Billing.Kata Kunci : e-Billing, persepsi, fiskus dan wajib pajak orang pribadi (WPOP)
This study was aimed at finding out fiskus and individual taxpayer’s perception of e-billing application measured through the perception of the usefulness of e-Billing, the perception of easiness in using e-Billing, and the perception of the interest to use e-Billing. The sample for fiskus was 45 and the sample for individual taxpayers was 100, determined by purposive sampling and incidental sampling methods. The study used primary data in the form of answers to an interview and a questionnaire. The data were analyzed by using validity test, reliability test and cross-tabulation ided by SPSS 16.00 program. The results showed that there is a positive response from fiskus and individual taxpayer’s perception to e-Billing application.
keyword : e-billing, perception, fiskus, and individual taxpayer
Diterbitkan
2017-03-03
Terbitan
Bagian
Articles