Pengembangan E-Modul Berbasis Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Pemrograman Berorientasi Objek Kelas XI RPL di SMK Negeri 2 Tabanan
DOI:
https://doi.org/10.23887/janapati.v6i2.11083Keywords:
E-Modul, Pemrograman Berorientasi Objek, Project Based LearningAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk menghasilkan rancangan dan mengimplementasikan hasil rancangan E-Modul Berbasis Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Pemrograman Berorientasi Objek Kelas XI RPL di SMK Negeri 2 Tabanan, (2) Untuk mengetahui respon guru dan siswa terhadap Pengembangan E-Modul Berbasis Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Pemrograman Berorientasi Objek Kelas XI RPL di SMK Negeri 2 Tabanan. pengembangan modul elektronik ini menerapakan model pembelajaran project based learning. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model ADDIE dimana model ini memiliki lima tahapan yaitu Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas XI jurusan RPL di SMK Negeri 2 Tabanan tahun ajaran 2016/2017. Untuk mengetahui respon guru dan siswa terhadap e-modul Pemrograman Berorientasi Objek diperoleh dengan menggunakan metode angket. Hasil penelitian yang diperoleh terlihat bahwa (1) Hasil rancangan dan implementasi pengembangan e-modul berbasis project based learning pada mata pelajaran Pemrograman Berorientasi Objek kelas XI RPL SMK N 2 Tabanan sudah dinyatakan berhasil dikembangkan berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan (2) Hasil analisis data respon guru menunjukkan bahwa, didapatkan hasil respon dengan kategori positif pada nilai rata-rata respon guru yang dikonversikan ke dalam tabel penggolongan respon. Sedangkan untuk respon siswa terhadap pengembangan e-modul didapatkan hasil respon dengan kategori positif pada nilai rata-rata respon siswa yang dikonversikan ke dalam tabel penggolongan respon siswa.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Janapati agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)