Hubungan Antara Adversity Quotient Dengan Kemampuan Programming dalam Menyelesaikan Skripsi Topik Pengembangan

Authors

  • I Gede Harta Wijaya Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ketut Agustini
  • I Gede Mahendra Darmawiguna

DOI:

https://doi.org/10.23887/janapati.v6i2.11202

Keywords:

Adversity Quotient, Kemampuan Programing, Skripsi Topik Pengembangan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Hubungan Antara Adversity QuotientDengan Kemampuan Programing Dalam Menyelesaikan Skripsi Topik Pengembangan (Studi Kasus Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Informatika). Jenis penelitian ini adalah survey korelasi. Pada penelitian ini sampel yang di gunakan yaitu mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika sebanyak 29 responden. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial parametrik yang digunakan adalah teknik analisis korelasi product moment dan korelasi ganda. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara Adversity Quotient dengan Skripsi Topik Pengembangan secara signifikan dengan kontribusi variabel Adversity Quotient sebesar 44,6% terhadap Skripsi Topik Pengembangan. Selain itu terdapat hubungan antara Kemampuan Programing dengan Skripsi Topik Pengembangan secara signifikan dengan kontribusi, variabel kemampuan programing sebesar 67,2% terhadap Skripsi Topik Pengembangan. Hasil analisis data juga menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara Adversity Quotient dengan Kemampuan Programing terhadap Skripsi Topik Pengembangan secara signifikan dengan kontribusi kedua variabel bebas secara bersama-sama sebesar 67,2% terhadap Skripsi Topik Pengembangan. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan baik secara terpisah antara Adversity Quotient dengan Skripsi Topik Pengembangan dan Kemampuan Programing dengan Skripsi Topik Pengembangan maupun secara simultan memiliki hubungan yang signifan dengan Skripsi Topik Pengembangan.

Downloads

Published

2017-10-12

How to Cite

Wijaya, I. G. H., Agustini, K., & Darmawiguna, I. G. M. (2017). Hubungan Antara Adversity Quotient Dengan Kemampuan Programming dalam Menyelesaikan Skripsi Topik Pengembangan. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika : JANAPATI, 6(2), 164–174. https://doi.org/10.23887/janapati.v6i2.11202

Issue

Section

Articles