Pengembangan Game Edukasi Satua Bali “Pan Cubling” Berbasis Android

Authors

  • I Wayan Putu Adi Wiguna Pendidikan Teknik Informatika Fakultas Teknik dan Kejuruan Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Ketut Resika Arthana
  • I Made Putrama

DOI:

https://doi.org/10.23887/janapati.v6i2.11440

Keywords:

Satua Bali, Pan Cubling, Stage, Game, 2 dimensi, Android

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melestarikan kebudayaan di Bali dengan membantu masyarakat khususnya kalangan remaja untuk dapat mengetahui satua Bali Pan Cubling dengan bantuan media teknologi dengan cara mengajak remaja bermain Game Edukasi Satua Bali “Pan Cubling" berbasis android dengan objek 2D. Game Edukasi Satua Bali “Pan Cubling” Berbasis Android memiliki 4 stage game dan setiap stage terdapat 4 level permainan. Stage 1 pemain berusaha mempertahankan pisang dari serbuan kera, Stage 2 pemain mengusir kera agar tidak masuk ke dalam rumah, Stage 3 menggali tanah sebagai kuburan Pan Cubling, dan Stage 4 merangkai puzzle yang digunakan untuk menutupi lubang kuburan. Metode yang digunakan adalah proses System Development Life Cycle dalam bentuk sekuensial linier atau model air terjun (waterfall). Hasil akhir dari project penelitian ini berupa aplikasi game yang berisikan aksi dan cerita yang dapat diinstal pada smartphone android. Game ini sebagai media bermain sekaligus media belajar mengenal satua Bali Pan Cubling.

Downloads

Published

2017-10-12

How to Cite

Wiguna, I. W. P. A., Arthana, I. K. R., & Putrama, I. M. (2017). Pengembangan Game Edukasi Satua Bali “Pan Cubling” Berbasis Android. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika : JANAPATI, 6(2), 192–205. https://doi.org/10.23887/janapati.v6i2.11440

Issue

Section

Articles