SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PERAMALAN PENDAPATAN DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN PERIZINAN TERPADU SATU PINTU KABUPATEN BULELENG DENGAN METODE LEAST SQUARE

Authors

  • Ayu Indra Cahyani Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/janapati.v7i1.11687

Keywords:

Sistem Pendukung Keputusan, Peramalan Pendapatan, Least Square

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) merancang Sistem Pendukung Keputusan Peramalan Pendapatan di Dinas Penanaman Modal dan PPTSP Kabupaten Buleleng dengan Metode Least Square dan (2) mengimplementasikan Sistem Pendukung Keputusan Peramalan Pendapatan di Dinas Penanaman Modal dan PPTSP Kabupaten Buleleng dengan Metode Least Square. Dinas Penanaman Modal dan PPTSP Kabupaten Buleleng merupakan salah satu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di Kabupaten Buleleng dalam menangani penanaman modal, perizinan dan non perizinan sehingga menyumbangkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) bagi Kabupaten Buleleng.

Sistem Pendukung Keputusan Peramalan Pendapatan ini terdiri dari 3 (tiga) entitas yaitu Bendahara Penerimaan, PPK (Pejabat Penatausahaan Keuangan) dan Kepala Dinas. Realisasi pendapatan akan diinput oleh bendahara penerimaan kemudian divalidasi oleh PPK selaku admin dan selanjutnya berdasarkan data pendapatan yang valid maka diramalkan pendapatan untuk periode bulan berikutnya. Hal ini akan digunakan sebagai rekomendasi bagi Kepala Dinas untuk menentukan target tahunan pendapatan berdasarkan atas data realisasi pada tahun sebelumnya. Perhitungan peramalan pendapatan dalam Sistem Pendukung Keputusan ini menggunakan metode least square. Metode ini digunakan karena metode ini menghasilkan tren yang paling cocok dibandingkan dengan metode-metode lainnya. Hal ini terbukti dari perhitungan rata-rata kesalahan yaitu MAD, RMSE dan MAPE menunjukkan bahwa metode least square memiliki rata-rata kesalahan yang lebih kecil jika dibandingkan dengan rata-rata kesalahan perhitungan dengan metode Double Moving Average dan Double Exponential Smoothing.

Hasil penelitian ini adalah sistem sudah berhasil dirancang dan diimplementasikan dengan baik dengan respon pengguna yang memilih skor 5 adalah 71,11% dan memilih skor 4 adalah 28,89% serta hasil uji akurasi sistem yaitu 66,34% dengan rata-rata kesalahan 34,66%.

Downloads

Published

2018-05-12

How to Cite

Cahyani, A. I. (2018). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PERAMALAN PENDAPATAN DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN PERIZINAN TERPADU SATU PINTU KABUPATEN BULELENG DENGAN METODE LEAST SQUARE. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika : JANAPATI, 7(1), 1–11. https://doi.org/10.23887/janapati.v7i1.11687

Issue

Section

Articles