PENGEMBANGAN EVALUASI DAN PENUGASAN ONLINE BERBASIS E-LEARNING DENGAN MOODLE PADA MATA KULIAH MEDIA PEMBELAJARAN ILMU KOMPUTER

Authors

  • Siti Husnul Bariah
  • Kuntum An Nisa Imania

DOI:

https://doi.org/10.23887/janapati.v6i3.12458

Keywords:

Evaluasi, Penugasan, Online, E-Learning, , Moodle, Media Pembelajaran Ilmu Komputer

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menerapkan evaluasi online menggunakan Moodle untuk sistem e-learning di Mata Kuliah Media Pembelajaran Ilmu Komputer pada STKIP Garut pada tahun akademik 2016/2017. Evaluasi dilakukan oleh dosen sebelum pekan UTS dan UAS. Penugasan yang diberikan kepada mahasiswa berupa tugas terstruktur, tugas individu dan akademik lainnya untuk mendukung nilai akhir siswa dalam satu semester. Penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan (R & D) sebagai metodologi penelitian. Hasil dari penelitian ini adalah produk baru Pembelajaran berbasis e-learning yang dapat diakses di http://elearningpti.gnomio.com. Berdasarkan validasi pakar, rata-rata penyajian untuk kategori pengembangan perangkat lunak adalah 90,42% dan inovasi pada kategori pendidikan sebesar 92,22%. Berdasarkan hasil validasi pengguna, 85% siswa menyatakan bahwa produk baru tersebut sangat baik dan 15% menyatakan bahwa produk baru ini cukup untuk mendukung proses pembelajaran selama satu semester, terutama dalam fungsi evaluasi dan penugasan. Dengan adanya pengembangan evaluasi dan penugasan online berbasis e-learning ini memberikan inovasi baru bagi dosen berupa nilai akhir Tugas mahasiswa selama satu semester.

Downloads

Published

2018-01-04

How to Cite

Bariah, S. H., & Imania, K. A. N. (2018). PENGEMBANGAN EVALUASI DAN PENUGASAN ONLINE BERBASIS E-LEARNING DENGAN MOODLE PADA MATA KULIAH MEDIA PEMBELAJARAN ILMU KOMPUTER. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika : JANAPATI, 6(3), 305–315. https://doi.org/10.23887/janapati.v6i3.12458

Issue

Section

Articles