ANALISIS DAN IMPLEMENTASI INCOSYS SEBAGAI ALTERNATIF SYSTEM PENGADUAN ONLINE
DOI:
https://doi.org/10.23887/janapati.v6i3.12479Keywords:
Pengaduan Masyarakat, Sistem Informasi, Android, e-govermentAbstract
Pengaduan masyarakat adalah salah satu upaya untuk membuat masyarakat berperan serta dalam usaha pemerintah meningkatkan pelayanan publik dan penerapan good governance. Masyarakat dapat membantu memberikan informasi kepada pemerintah mengenai permasalahan-permasalahan yang ada di daerah atau kota tempat tinggal mereka melalui instansi terkait guna segera dapat diatasi. Pengaduan masyarakat saat ini masih dilakukan secara manual dan tidak terintegrasi ke instansi terkait, sehingga menyulitkan baik dari penduduk dan dari pemerintah. Maka dalam penelitian ini akan dibangun aplikasi yang akan memiliki kemampuan memonitoring pengaduan masyarakat secara terintegrasi langsung kepada instansi-instansi pemerintah terkait pengaduan yang diajukan.
Pengaduan masyarakat berbasis android ini dapat membantu masyarakat untuk melakukan pengaduan secara mudah dan cepat selama tanpa harus datang langsung ke kantor-kantor pemerintah. Masyarakat juga bisa mengetahui status dari pengaduan yang telah diajukan. Aplikasi pengaduan ini dapat memberikan kemudahan bagi pemerintah dan instansi terkait memberikan tanggapan dan menangani pengaduan warga secara cepat.References
Dwiyanto A. Mewujudkan good governance melalui pelayanan publik [Internet]. Gadjah Mada University Press; 2005. 425 p.
Suryadi; Penanganan Keluhan Publik pada Birokrasi Dinas Perijinan. Masyarakat, Kebud dan Polit. 2010 Oct 1;
Safaat N. Pemrograman Aplikasi Mobile Android Smartphone dan Tablet PC Berbasisi Android revisi Kedua. 2nd ed. Bandung: Informatika; 2015.
Boylle BAM, Arninputranto W. Sistem Informasi Pengaduan Dengan Web Responsive di PT Pelabuhan Indonesia III Cabang Tanjung Perak. J ELTEK [Internet]. 2017 Oct 21;12(2):53–64.
Noviyanto F, Setiadi T, Wahyuningsih I. Implementasi Sikades (Sistem Informasi Kependudukan Desa) untuk Kemudahan Layanan Administrasi Desa Berbasis Web Mobile. J Inform. 2014 Jan 1;8(1).
Tjiptono F. Service Management : Mewujudkan Layanan Prima. Bandung: Andi; 2012.
Kasman AD. Kolaborasi Dahsyat ANDROID dengan PHP dan MySQL. Yogyakarta; 2013.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Janapati agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)