ANALISIS DAN IMPLEMENTASI INCOSYS SEBAGAI ALTERNATIF SYSTEM PENGADUAN ONLINE

Authors

DOI:

https://doi.org/10.23887/janapati.v6i3.12479

Keywords:

Pengaduan Masyarakat, Sistem Informasi, Android, e-goverment

Abstract

Pengaduan masyarakat adalah salah satu upaya untuk membuat masyarakat berperan serta dalam usaha pemerintah meningkatkan pelayanan publik dan penerapan good governance. Masyarakat dapat membantu memberikan informasi kepada pemerintah mengenai permasalahan-permasalahan yang ada di daerah atau kota tempat tinggal mereka melalui instansi terkait guna segera dapat diatasi. Pengaduan masyarakat saat ini masih dilakukan secara manual dan tidak terintegrasi ke instansi terkait, sehingga menyulitkan baik dari penduduk dan dari pemerintah. Maka dalam penelitian ini akan dibangun aplikasi yang akan memiliki kemampuan memonitoring pengaduan masyarakat secara terintegrasi langsung kepada instansi-instansi pemerintah terkait pengaduan yang diajukan.

Pengaduan masyarakat berbasis android ini dapat membantu masyarakat untuk melakukan pengaduan secara mudah dan cepat selama tanpa harus datang langsung ke kantor-kantor pemerintah. Masyarakat juga bisa mengetahui status dari pengaduan yang telah diajukan. Aplikasi pengaduan ini dapat memberikan kemudahan bagi pemerintah dan instansi terkait memberikan tanggapan dan menangani pengaduan warga secara cepat.

References

Dwiyanto A. Mewujudkan good governance melalui pelayanan publik [Internet]. Gadjah Mada University Press; 2005. 425 p.

Suryadi; Penanganan Keluhan Publik pada Birokrasi Dinas Perijinan. Masyarakat, Kebud dan Polit. 2010 Oct 1;

Safaat N. Pemrograman Aplikasi Mobile Android Smartphone dan Tablet PC Berbasisi Android revisi Kedua. 2nd ed. Bandung: Informatika; 2015.

Boylle BAM, Arninputranto W. Sistem Informasi Pengaduan Dengan Web Responsive di PT Pelabuhan Indonesia III Cabang Tanjung Perak. J ELTEK [Internet]. 2017 Oct 21;12(2):53–64.

Noviyanto F, Setiadi T, Wahyuningsih I. Implementasi Sikades (Sistem Informasi Kependudukan Desa) untuk Kemudahan Layanan Administrasi Desa Berbasis Web Mobile. J Inform. 2014 Jan 1;8(1).

Tjiptono F. Service Management : Mewujudkan Layanan Prima. Bandung: Andi; 2012.

Kasman AD. Kolaborasi Dahsyat ANDROID dengan PHP dan MySQL. Yogyakarta; 2013.

Downloads

Published

2018-01-04

How to Cite

Indra Iswara, I. B. A., & Saputra, I. G. A. (2018). ANALISIS DAN IMPLEMENTASI INCOSYS SEBAGAI ALTERNATIF SYSTEM PENGADUAN ONLINE. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika : JANAPATI, 6(3), 316–326. https://doi.org/10.23887/janapati.v6i3.12479

Issue

Section

Articles